Lifestyle

Pengertian Asuransi dan Jenis-Jenisnya

Pada dasarnya sudah banyak sekali produk asuransi yang digunakan masyarakat. Terlebih lagi banyak sekali perusahaan ternama seperti Allianz yang menyediakan beragam jenis asuransi. Kini masyarakat sudah bisa memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhannya. Agar tidak penasaran, ikuti penjelasan dibawah ini mengenai pengertian asuransi dan jenis-jenisnya.

Pengertian Asuransi

Asuransi sendiri merupakan sebuah perjanjian antara pihak asuransi dan nasabah sebagai pemegang polis. Dalam perjanjian ini nasabah akan mendapatkan jaminan atau perlindungan sesuai dengan kesepakatan. Hanya saja pemegang polis harus membayar premi secara rutin agar bisa mengajukan klaim ketika mengalami musibah tidak terduga.

Pihak asuransi akan memberikan perlindungan secara finansial berupa uang maupun mengganti rugi sesuai dengan yang diajukan nasabah. Sebenarnya premi yang dibayarkan pemegang polis yang digunakan untuk membayar ganti rugi kepada tertanggung.

Jenis Polis Asuransi yang Ada di Indonesia

Asuransi Jiwa

salah satu jenis asuransi yang sangat populer di Indonesia adalah asuransi jiwa. Asuransi ini akan memberikan uang kepada nasabah asuransi yang meninggal. Meskipun pemegang polis sudah meninggal, akan tetapi pihak asuransi akan tetap memberikan uang tersebut kepada pihak keluarga.

Asuransi Kesehatan

Pada dasarnya semua orang menginginkan tubuh yang sehat agar bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan normal. Namun apalah daya penyakit bisa saja menyerang dan membuat anda sulit melakukan berbagai kegiatan. Sehingga anda tidak bisa bekerja dan tidak memiliki pemasukan untuk kebutuhan sehari-hari.

Bahkan ketika anda sakit juga akan kesulitan untuk sembuh karena melakukan perawatan dirumah. Hal ini disebabkan oleh keuangan yang terbatas sehingga anda tidak mau dirawat di rumah sakit. Sementara untuk mengatasi hal tersebut anda bisa menggunakan asuransi kesehatan.

Asuransi ini akan sangat berguna karena anda tidak perlu repot memikirkan seluruh biaya perawatan dan pengobatan. Anda hanya akan fokus untuk memulihkan diri lebih cepat karena seluruh biaya ditanggung oleh pihak asuransi.

Mungkin hanya itu saja artikel yang dapat kami jelaskan diatas mengenai pengertian asuransi dan jenis-jenisnya. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *