Lifestyle

Ini 5 Tips Bikin Rumah Industrial yang Lagi Hits untuk Kaum Milenial

Bosan sama desain rumah klasik atau minimalis dan mau coba nuansa unik, estetik, dan terlihat kokoh? Mungkin konsep rumah industrial bisa menjadi solusinya nih. Jika kamu berencana ingin membangun dan merenovasi ruangan atau rumah dengan konsep ini, berbagai aspek seperti dinding industrial dengan konsep unfinish look, pemilihan ubin, dan lainnya juga harus diperhatikan. Yuk, simak tips-tips  berikut ini.

 

Apa sih yang dimaksud dengan desain industrial?

 

Sesuai dengan namanya, konsep ini terinspirasi dengan desain bangunan yang biasa digunakan oleh pabrik atau bangunan industrial lainnya. Walaupun begitu, bangunan dengan desain industrial tetap menonjolkan sisi modern, sederhana, namun tetap estetik dan nyaman dipandang. Gak hanya untuk bangunan hunian saja, cafe dan kantor juga banyak yang menggunakan design ini.

 

Pemilihan lantai yang khas

 

Salah satu keunikan konsep rumah industrial adalah lantainya yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri. Beberapa jenis bahan dapat dipilih untuk konsep industrial, misalnya jika kamu ingin lantai yang terlihat lebih kokoh dan tahan lama, bisa memilih material beton. Jika kamu ingin kesan aesthetic dan lebih kalem, bahan vinyl dapat menjadi solusi. Nah, kalau ingin kesan nyaman dan aman, kamu bisa memilih lantai PVC. Tentunya pemilihan lantai dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan masing-masing.

 

Material upcycle & recycle untuk sentuhan dekorasi

 

Desain bangunan industrial juga identik dengan perabotan atau dekorasi upcycle & recycle. Upcycle adalah proses pengolahan limbah atau barang yang sudah tak terpakai menjadi produk baru dengan kualitas dan manfaat yang lebih tinggi tanpa mengubah total bentuk aslinya. Misalnya besi bekas yang digunakan untuk lampu gantung, mengubah drum menjadi bangku taman, atau membuat rak pajangan dari palet peti buah. Sementara itu, recycle adalah memanfaatkan barang bekas yang dihancurkan dan kembali dibuat menjadi barang lain. Misalnya pajangan yang dibuat dari bahan plastik bekas tutup botol.

 

Dinding unfinished menambah kesan estetik

 

Desain industrial juga identik dengan tembok-tembok unfinished, misalnya tembok bata atau tembok yang berlapis semen ekspos dengan warna-warna netral, gelap, atau monokrom. Namun, kata unfinished sebenarnya hanya istilah saja. Sebenarnya ada teknik finishing yang digunakan agar dinding rumah industrial tetap sedap dipandang mata. Contohnya saja adanya pelapis atau coating, agar tembok lebih awet dan mudah dibersihkan.

 

Bagian bangunan yang dibiarkan terekspos

 

Seperti di bangunan industri, ada bagian-bagian bangunan yang dibiarkan terekspos dan menambah kesan estetik. Misalnya pipa, ventilasi, dan juga pendingin udara. Tidak heran, banyak bangunan yang  bagian atas dibiarkan tinggi tanpa memakai plafon dan membuat ruangan jadi lebih terbuka dan terlihat lebih luas.

 

Itu dia tips untuk membuat rumah industrial yang cocok untuk kamu yang suka dengan desain rumah simple, sederhana, dan juga tetap modern.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *