Financing

Mau Ambil Cicilan Motor Online? Baca Ini Dulu Yuk

Biasanya, kalau mau ambil cicilan motor, cara yang paling efektif adalah dengan datang langsung dan registrasi di kantor leasing atau pembiayaan cicilan kendaraan. Tapi, karena layanan kredit yang semakin berkembang pesat, sekarang, cicilan motor juga bisa lho diajukan dan diambil secara online, menggunakan aplikasi fintech. Salah satunya Kredivo, yang limitnya bisa sampai Rp 30 juta.

 

Kalau kamu termasuk yang tertarik cari-cari info tentang cicilan motor online, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui di awal. Sebab, proses cicilan motor online memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan cicilan motor konvensional di kantor leasing. Yuk, kita bahas satu per satu:

 

Syarat dan ketentuan cicilan motor online

 

Cicilan motor termasuk jenis cicilan yang membutuhkan tenor panjang. Alhasil, syarat dan ketentuan pengajuan cicilan juga lebih kompleks dibanding cicilan lainnya seperti cicilan gadget. Biasanya, pada lembaga pembiayaan konvensional, cicilan motor memiliki syarat slip gaji, uang muka, dan wajib memiliki tempat tinggal sendiri.

 

Bedanya dengan cicilan motor online, persyaratan pengajuan cicilan akan sangat bergantung pada akses kredit online yang kamu gunakan.

 

Pilihan akses kredit untuk cicilan motor online

 

Terkait dengan poin nomor satu, pilihan akses kredit untuk cicilan motor online juga terbatas. Sebab, harga 1 unit motor minimal berkisar mulai Rp 17 jutaan. Tidak banyak, penyedia kredit online yang bisa memberikan limit hingga dua digit.

 

Kabar baiknya, ada Kredivo, layanan kredit online yang limitnya bisa mencapai hingga Rp 30 juta khususnya untuk jenis akun Premium. Alhasil, apabila kamu berminat mengambil cicilan motor secara online menggunakan Kredivo, kamu perlu registrasi akun dan mendapatkan limit yang cukup dan sesuai dengan harga motor yang kamu inginkan.

 

Untuk bisa registrasi akun Premium Kredivo, kamu harus:

 

  1. Berusia minimal 18 tahun atau maksimal 60 tahun.
  2. Punya pekerjaan dan penghasilan tetap minimal sebesar Rp 3 juta per bulan.
  3. Berdomisili atau tinggal di wilayah Jabotabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Lampung, Banjarmasin, Pontianak, Cilegon, Malang, Bontang, Tanjung Pinang, Metro, Dumai, Gowa, Maros, Banyuasin, dan Deli Serdang.

 

Download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store untuk melakukan pendaftaran, dan ikuti panduan pendaftarannya hingga selesai. Salah satu keuntungan mendaftar akses kredit online adalah proses approval yang terbilang cepat, biasanya hanya 1×24 jam sejak pendaftaran.

 

Platform e-commerce yang bisa cicilan motor online

 

Selain opsi akses kreditnya yang terbatas, platform untuk beli motor secara online juga masih terbatas. Dua e-commerce yang memiliki dan menjual kategori sepeda motor ada Tokopedia dan Blibli.

 

Di Tokopedia, salah satunya ada Deta Yamaha Group yang menjual berbagai tipe sepeda motor Yamaha. Sementara di Blibli, tersedia pilihan sepeda motor yang lebih variatif seperti Honda Beat, Honda Genio, Honda Revo, Yamaha Mio, dan masih banyak lagi.

 

Kredivo, adalah salah satu aplikasi kredit online yang sudah bermitra dengan Tokopedia dan Blibli. Jika kamu punya akun Kredivo yang aktif dan limit yang mencukupi, maka cicilan motor online bisa kamu ajukan di Tokopedia atau Blibli dengan akun Kredivo-mu.

 

Menariknya, apabila di leasing, kamu perlu memberikan berbagai dokumen persyaratan dan juga ada survei lapangan, berbeda dengan cicilan motor online. Selama akun kredit sudah aktif dan limitnya cukup, maka transaksi bisa langsung dilakukan tanpa ada penyerahan dokumen persyaratan seperti halnya di leasing atau proses survei.

 

Simulasi cicilan motor dan tenor yang bisa dipilih

 

Hal terakhir yang nggak kalah penting untuk diketahui sebelum ambil cicilan motor online adalah tenor yang disediakan dan juga suku bunganya. Salah satu kelebihan ambil cicilan motor via leasing adalah tenor cicilannya bisa lebih panjang, sampai 3 tahun atau 36 bulan. Alhasil, cicilan per bulan yang perlu kamu bayar jadi lebih ringan.

 

Sementara cicilan motor online, biasanya memiliki periode tenor yang lebih singkat. Tergantung dengan opsi tenor yang disediakan oleh layanan kredit yang kamu gunakan.

 

Kalau pakai Kredivo, kamu bisa memilih opsi cicilan sampai 12 bulan, dengan suku bunga sebesar 2.6% per bulannya. Dengan skema ini, kalau harga motor yang kamu beli minimal Rp 17 juta, maka cicilan per bulan yang perlu dibayar ada di kisaran angka Rp 1,8 jutaan selama 12 bulan.

 

Angka tersebut tentu jauh lebih besar daripada cicilan di leasing dengan tenor 36 bulan, yang angsuran bulanannya ada di kisaran Rp 700 ribu sampai Rp 900 ribuan. Sebelum mengambil cicilan motor online, kamu perlu mempertimbangkan matang-matang hal ini, terlebih kemampuan bayar cicilan per bulan supaya nggak terjadi kredit macet.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *