Property

Bahan Untuk Membuat Kitchen Set Murah Custom

Pengetahuan akan material atau bahan untuk membuat kitchen set bagi pelanggan adalah hal yang penting. Karena darisana mereka bisa mendapatkan gambaran lebih komprehensif seputar kitchen set yang akan didapatkan.

Kami perusahaan interior dan furniture custom menawarkan jasa pembuatan kitchen set murah di Bali. Meski demikian kami menggunakan bahan dasar dan lapisan finishing pilihan dalam pembuatan kitchen set murah. Sebelum bahan dan dan lapisan finishing digunakan, Kami selalu melakukan review terlebih dahulu. Simak bahan dan lapisan finishing yang digunakan untuk pembuatan kitchen set.

Furniture Custom Bali

Kayu Multiplek atau Plywood

Multiplek atau plywood tergolong dalam bahan yang berkualitas. Hal ini karena bahan tersebut memiliki kelebihan di dalamnya. Kelebihan utama adalah bahan tergolong kuat dan kokoh. Kemudian bahan ini tidak mudah menyerap air karena memiliki pori – pori yang rapat. Lalu bahan multiplek atau plywood ini tidak mudah diserang rayap. Kualitas kekuatan kayu multipleks ditentukan dari ketebalannya. Dengan menambah tebal lapisannya berarti kayu multipleks semakin kuat. Oleh karenanya, jenis kayu multipleks yang cukup tebal seperti hard wood ataupun exterior wood mampu menahan beban yang cukup besar. Namun, bukan berarti kayu multipleks yang lebih tipis secara kualitas ketahanan tidak lebih baik. Ketebalan lapisannya dibuat tipis untuk meningkatkan tingkat fleksibilitasnya sehingga bisa difungsikan sebagai plafon atau dekorasi panel kayu.

Berikut kelebihan bahan multiplek atau plywood:

  • Kuat dan Stabil
    Kayu multipleks memiliki tekanan tarik yang tinggi. Hal ini menyebabkan lapisan penyusunnya tidak mudah tereduksi sehingga tetap stabil sekalipun menopang bobot ataupun tekanan yang cukup besar.
  • Durabilitas Tinggi
    Bukan hanya mampu menahan beban yang berat, kayu multipleks juga tahan terhadap air, udara lembap, cairan kimia, bahkan api. Kayu multipleks merupakan kayu olahan yang bisa dilapisi oleh lapisan yang tidak mudah terbakar seperti eternit atau semen fiber.
  • Sebagai Insulator
    Kayu multipleks merupakan insulator bangunan yang baik, baik untuk insulasi termal maupun insulasi suara. Sebagai insulator termal, kayu multipleks menjaga agar suhu panas tetap bersirkulasi di dalam bangunan. Begitupun sebagai insulator suara, kayu multipleks menjaga agar suara bising tidak keluar dari ruangan.
  • Tampilan Estetis
    Meskipun tidak se-solid kayu asli, kayu multipleks tetap tersusun dari lapisan kayu asli sehingga masih menampilkan guratan kayu asli yang cantik pada permukaannya.

Berbagai desain furniture custom atau kitchen set yang sudah dibentuk dengan plywood akan kami lapisi dengan material pelapis berupa HPL dengan warna dan motif sesuai desain yg telah disepakati antara pelanggan dan desainer.

Lapisan Finishing High Pressure Laminate (HPL)

HPL adalah suatu produk pelapis luar alias penutup dengan bahan plastik sintetis berupa lembaran laminasi bertekanan tinggi. Produk ini terdiri dari beberapa lapisan, antara lain lapisan kraft yang diresapi resin fenolik, lapisan dekoratif dan lapisan laminasi bening.

Lapisan finishing High Pressure Laminate atau HPL sering kali digunakan untuk pembuatan kitchen set. Hal ini karena lapisan tersebut memiliki kualitas yang tergolong baik. Bahan dasar pembuatan lapisan tersebut adalah dari plastik dan kayu yang dicampur menjadi satu. Proses pencampuran bahan tersebut dilakukan dengan mesin pressing.

Bentuk lapisan finishing High Pressure Laminate menyerupai lembaran. Dengan begitu untuk menggunakan lapisan ini, harus dengan bantuan lem kayu. Semakin tebal lapisan HPL yang digunakan, maka semakin awet dan bagus kitchen set yang digunakan. Oleh sebab itu, Kami menggunakan lapisan ini untuk pembuatan kitchen set.

Kini kita mudah menemukan HPL dalam berbagai bentuk, dan dijual dengan harga bervariasi serta bermutu. Namun, HPL bukan barang yang sempurna karena mudah patah. Tentu saja ini tidak akan menjadi masalah bagi konsumen yang ingin memiliki lemari atau pintu minimalis dengan bujet terjangkau.

Selain harganya yang murah, material HPL ini juga memiliki keunggulan yang perlu anda ketahui. Berikut ini beberapa keunggulan HPL:

  • HPL dapat disesuaikan dengan kebutuhan karena memiliki variasi jenis warna dan motif.
  • Memiliki lapisan anti gores dan daya tahan yang cukup tinggi terhadap benturan dan gesekan.
  • Memiliki daya rekat yang kuat pada media yang tebal sekalipun.
  • Memiliki tingkat keawetan yang cukup baik untuk pengaplikasian horizontal dan vertikal.
  • Mudah dirawat atau dibersihkan dan sangat higienis.
  • Memiliki varian produk bersudut yang mempermudah pengerjaan furnitur pada bagian pinggiran yang tipis.
  • Anti-jamur dan juga tahan terhadap panas.
  • Proses pengerjaannya cukup praktis, mudah dan cepat.
  • Lebih ekonomis sangat cocok untuk furnitur dengan tampilan modern dan minimalis.

Selain memiliki kelebihan, material HPL tentunya juga memiliki kekurangan atau kelemahan:

  • Agak sulit untuk melakukan pengerjaan HPL yang memiliki sudut lengkung yang kecil. Proses pengeleman pada papan dengan bidang lengkung yang terlalu kecil tersebut akan dibantu dengan sheet plastik.
  • Seluruh proses pengerjaan HPL harus dilakukan dengan sempurna. Jika tidak akan ada lapisan HPL yang lepas atau terlihat adanya lapisan ketebalan HPL, terutama pada bagian ujung atau sudut.
  • Meski secara fisik tergolong keras, HPL memiliki tingkat kelenturan yang sangat rendah dan mudah patah.
  • Harus ada proses finishing lagi pada bagian sudut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *