Financing

8 Contoh Investasi Yang Cocok Bagi Pemula

Ada beberapa macam investasi yang bisa dikelola dan menguntungkan. Namun, investor pemula seringkali bingung memilih jenis investasi yang tepat karena kurangnya pengalaman. Oleh karena itu, praktik mempelajari instrumen investasi menjadi langkah penting sebelum mulai berinvestasi.

Artikel kali kali ini akan membahas mengenai beberapa contoh investasi yang cocok untuk pemula dimana bisa meraib keuntungan sebesar mungkin.

Apa saja contoh investasi yang cocok untuk pemula?

Emas

Untuk yang pertama merupakan jenis investasi yang umum dipilih oleh masyarakat awam. Selain mudah dibeli, emas juga bisa disimpan dan diuangkan sehingga bisa dijual kapanpun dibutuhkan. Investasi emas menguntungkan dalam jangka panjang. Modal yang dibutuhkan untuk memulai investasi bagi pemula tidak terlalu besar. Risikonya juga sangat kecil.

Obligasi

Investasi berikutnya yaitu surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah atau korporasi. Tujuan penangkapan adalah untuk mengumpulkan dana pinjaman. Penerbit obligasi wajib membayar bunga setiap bulan kepada pemegang obligasi dan melunasi pokok obligasi pada waktu yang telah ditentukan. Risiko berinvestasi pada alert juga cenderung rendah. Namun, imbal hasil yang diperoleh lebih besar dari tabungan dan deposito.

Saham

Saham adalah bukti kepemilikan suatu perusahaan karena menyumbangkan modal usaha dalam proporsi tertentu. Bentuk saham biasanya berupa lembaran-lembaran kertas dengan nama pemegang saham dan nilai investasi yang diberikan.

Keuntungan pemegang saham adalah mendapatkan dividen dari keuntungan yang diperoleh perusahaan. Selain itu, pemegang saham juga dapat memperoleh keuntungan dari selisih harga jual dan beli saham.

Pinjaman P2P

P2P lending adalah penyedia layanan pinjaman yang menghubungkan debitur dengan kreditur dalam satu platform. Ini adalah metode yang muncul dari perkembangan teknologi keuangan. Pinjaman dapat dilakukan tanpa perantara bank atau lembaga keuangan lainnya. Sebagai pemula, Anda harus hati-hati memilih platform pinjaman P2P tepercaya untuk berinvestasi.

Properti

Properti merupakan salah satu jenis investasi yang cukup dikenal masyarakat luas. Ada berbagai jenis investasi properti, mulai dari tanah hingga bangunan. Pengembalian investasi properti berasal dari sewa properti dan selisih nilai jual beli properti. Manfaat investasi properti adalah keuntungan yang sangat besar jika dikelola dengan baik. Tetapi Anda harus memiliki dana besar untuk memulai.

Deposito

Deposito merupakan salah satu jenis investasi bagi pemula karena aman dan minim resiko. Produk investasi ini hampir sama dengan tabungan, namun dengan tingkat bunga yang lebih tinggi. Saat melakukan deposit, Anda harus menyimpan sejumlah uang untuk jangka waktu tertentu. Deposito dipilih oleh banyak investor pemula.

Sukuk

Sukuk adalah surat berharga yang berupa sertifikat hak milik. Surat tersebut merupakan bukti kepemilikan suatu aset, baik berupa barang, manfaat maupun jasa. Sukuk dilaksanakan dengan prinsip ekonomi Islam. Oleh karena itu, prinsip penerapan sukuk adalah bebas riba, bebas biaya dan tidak dipungut biaya. Sistem pembayaran sukuk adalah bagi hasil.

Reksa dana

Reksadana juga bisa menjadi pilihan bagi pemula untuk mulai berinvestasi. Alasannya karena tidak membutuhkan modal yang terlalu besar dan resikonya kecil hingga sedang. Ada berbagai jenis reksa dana yang bisa Anda coba untuk mendapatkan return yang menarik. Jenis investasi untuk pemula ini bisa dikelola dalam jangka pendek, menengah dan panjang. Anda dapat menyesuaikannya dengan tujuan investasi Anda.

Mata Uang Kripto

Selain itu, saat ini ada investasi dalam cryptocurrency atau mata uang kripto. Meski cukup berisiko, namun hasil yang tidak proporsional bisa Anda dapatkan jika Anda mengelolanya dengan baik. Agar tidak tertipu, pelajari dan analisis pergerakannya sebelum menempatkan dana di cryptocurrency tertentu.

Investasi langsung

Anda juga dapat berinvestasi langsung di lini bisnis yang diakui. Disini anda bisa bermitra dengan pemilik usaha dengan menyediakan dana untuk kebutuhan operasional usaha. Cara ini terkesan praktis karena berhubungan langsung dengan pengusaha. Namun, Anda harus memastikan bahwa bisnis tersebut memiliki potensi yang nyata dan dapat berkembang secara optimal.

Apabila anda ingin menjalankan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan peluang pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan perlindungan asuransi sebesar 99% dari pokok pinjaman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *