asuransi kesehatan
Kesehatan

Yuk, Kenali 4 Jenis Asuransi Kesehatan!

Anda tentu sudah menyadari pentingnya asuransi kesehatan. Meskipun begitu, sebagian dari Anda mungkin ada yang masih belum mengetahui jenis-jenis dari asuransi kesehatan tersebut. Oleh karena itu, untuk membantu Anda memilih produk asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda, yuk kenali dulu jenis-jenisnya berikut ini!

  1. Berdasarkan perawatan.
  2. Rawat inap. Sesuai dengan namanya, asuransi kesehatan jenis ini biasanya diperuntukkan untuk mereka yang melakukan perawatan dengan menginap di rumah sakit. Biasanya, pihak asuransi akan menanggung biaya rawat inap ini. Namun, terkait besar biaya rawat inap yang ditanggung pihak asuransi biasanya bisa Misalnya saja, ada yang mengharuskan pemegang polis menjalani rawat inap minimal 24 jam dulu baru ia bisa mengklaimnya, dan lain sebagainya.
  3. Rawat jalan. Sedangkan, jenis ini berarti pihak asuransi akan menanggung biaya pengobatan dan pelayanan medis tanpa rawat inap. Contohnya biaya konsultasi dan diagnosis dokter, rehabilitasi, pemeriksaan di lab, dan lainnya.
  4. Berdasarkan metode pembayaran.
  5. Non-cash (cashless). Biaya perawatan kesehatan yang langsung di-cover oleh pihak asuransi dan ketika menggunakannya hanya menunjukkan kartu anggota. Biasanya, asuransi satu ini hanya bisa digunakan apabila fasilitas kesehatan tempat Anda berobat bekerja sama dengan perusahaan asuransi.
  6. Reimbursement. Untuk jenis ini, Anda sebagai pemegang polis perlu membayar terlebih dahulu biaya perawatan dan pengobatan. Setelah itu, baru Anda bisa mengajukan klaim kepada erusahaan asuransi untuk mendapatkan penggantian biaya.
  7. Berdasarkan biaya yang ditanggung.
  8. Tanggungan total. Artinya, pihak asuransi akan menanggung biaya perawatan kesehatan 100%, mulai dari deteksi dini, pemeriksaan dan diagnosis, pengobatan, rawat inap, rehabilitasi, dan lainnya.
  9. Tanggungan tertinggi. Dengan asuransi ini, pihak asuransi hanya akan menanggung biaya-biaya perawatan kesehatan yang angkanya paling tinggi. Contohnya hanya menanggung biaya rawat inap, sementara biaya pemeriksaan dan tes lab ditanggung sendiri oleh pemegang polis.
  10. Berdasarkan pihak yang tertanggung.
  11. Kolektif (mandiri). Jenis asuransi ini memberi manfaat bagi kelompok tertentu. Contohnya asuransi keluarga atau karyawan.
  12. Sedangkan jenis ini hanya memberikan manfaat pada individu atau satu orang saja berdasarkan polis yang ditawarkan.

Itu dia beberapa jenis asuransi kesehatan yang bisa Anda pilih untuk memproteksi Anda dan keluarga. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda!