vaksin Sinovac
Informasi

Uji Klinis dan Efektivitas Vaksin Sinovac

Akhir tahun 2020 ini vaksin Sinovac yang merupakan kandidat vaksin terbaik telah tiba di Indonesia. Meskipun begitu, pengujian klinis vaksin Sinovac masih terus berlanjut dan dibutuhkan untuk pengujian keamanan dan juga untuk mendapatkan izin edar. Sinovac Biotech bekerja sama dengan Bio Farma dalam tahap ketiga pengujian dan evaluasi vaksin ini.

Cara Kerja Vaksin Sinovac

CoronaVac merupakan vaksin yang dibuat dari virus Sars-CoV-2 yang sudah nonaktif yang kemudian memicu perkembangan respons kekebalan tubuh. Ini juga yang menjadi faktor pengembangan vaksin dapat berjalan lebih cepat.

Meskipun sudah ada vaksin, antibodi yang dihasilkan oleh orang yang telah dinyatakan sembuh dari covid-19 lebih banyak dan juga lebih efektif dibandingkan antibodi yang dihasilkan setelah tubuh disuntikkan vaksin ini. Meskipun jumlah antibodi yang dihasilkan dalam tubuh karena vaksin corona ini tidak sebanyak antibodi dari mereka yang telah sembuh, jumlah tersebut dikatakan sudah cukup.

Efektivitas Vaksin Sinovac

Apabila membahas tentang efektivitas vaksin sinovac, sebenarnya tim yang melakukan uji klinis vaksin ini masih belum memberikan informasi apapun karena masih melalui proses pengujian klinis dan juga masih pada tahap fase ketiga. Pengujian ini juga untuk mengamati reaksi dan juga efek samping setelah menerima suntikan vaksin.

Adapun pengujian ini dilakukan dalam dua tahap yaitu suntikan tahap pertama kepada 1.620 orang relawan dan suntikan tahap kedua kepada 1.603 orang relawan. Setelah jangka waktu interval 14 hari maka diberikan suntikan kedua setelah menerima suntikan pertama.

Proses pengembangan vaksin Sinovac hingga saat ini memberikan hasil yang baik. Para relawan yang sudah menerima vaksin juga tidak menunjukkan efek samping yang serius. Meskipun begitu, pengujian klinis masih harus tetap dilanjutkan.

Efek Samping Vaksin Sinovac

Tentu saja masih banyak pertanyaan tentang efek samping vaksin yang telah masuk ke Indonesia ini. Untuk efek sampingnya dipantau langsung oleh Kepala BPOM. Pengujian dan pengevaluasian ini tentu saja menunggu setelah para relawan menerima vaksin tahap kedua. Semua hasil uji dipantau aman mulai dari sampel darah, hasil analisa, dan hasil pengujian lainnya.

Meskipun hasil pengujian terpantau aman, BPOM masih akan terus memantau efek samping yang mungkin saja ditimbulkan setelah menerima suntikan vaksin ini bahkan akan diamati dalam jangka waktu 3 hingga 6 bulan ke depan untuk memastikan bahwa vaksin corona dapat terbukti aman dan bisa secepatnya diedarkan untuk digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia setelah resmi didistribusikan.

Data penting yang lain tentang vaksin ini juga masih dibutuhkan misalnya seperti khasiat, efektivitas dan juga data lainnya yang dibutuhkan oleh BPOM dengan tujuan agar izin bisa dapat segera diberikan untuk penggunaan EUA atau keadaan darurat. Meskipun begitu, data pengujian mutu vaksin corona sudah dapat dipastikan baik berdasarkan hasil evaluasi.

Hasil ini juga diperoleh dari pengujian yang dilakukan oleh BPOM, Bio Farma dan juga MUI untuk menilai vaksin dalam sisi kehalalannya. Meskipun begitu, aspek-aspek baik sudah berhasil dipenuhi oleh vaksin sinovac apabila berdasarkan prosedur yang ada di China

Meskipun sudah banyak kabar baik karena vaksin Sinovac, masyarakat tetap diharuskan untuk menerapkan protokol kesehatan 3M karena vaksin saja belum cukup untuk mencegah penyebaran virus corona. Apabila anda membutuhkan informasi dengan virus corona beserta vaksinnya lebih lanjut, anda dapat mengunjungi Halodoc untuk berbicara dengan dokter secara online.

Deskripsi : vaksin Sinovac sedang dalam proses pengujian efektivitas dan juga efek samping sebelum mendapatkan izin edar.