Techno

Tujuh Tips Mencegah Laptop Agar Kinerjanya Tidak Lemot

Saat bekerja dari rumah seperti sekarang, kondisi laptop lemot pastinya sering mengganggu. Sebenarnya, ada beberapa cara agar laptop tidak lemot lagi. Penyebab laptop lemot juga beragam. Mulai dari terlalu banyak program yang terbuka, sistem operasi yang ketinggalan zaman, sampai kapasitas RAM yang tidak mumpuni. Bagi pengguna laptop Windows, berikut ini beberapa cara sederhana untuk mengatasi laptop lemot yang seringkali mengganggu aktivitas.

Cara agar laptop tidak lemot 1. Tutup program yang tidak digunakan Anda bisa langsung masuk ke Windows Task Manager untuk menutup program yang berjalan di backgroung.

Untuk melakukan ini, tekan Ctrl + Alt + Delete pada keyboard Anda dan pilihTask Manager. Kemudian pastikan untuk mengklikMore detailsdi pojok kiri bawah. Kemudian Anda dapat memilih program dan mengklikEnd Taskdi sudut kanan bawah jendela untuk memaksa keluar dari program. 2. Matikan Startup Programs

Masih dari jendelaTask Manager, kali ini Anda perlu masuk ke tabStartup. Anda bisa langsung melihat nama program yang berjalan, lengkap dengan status dan efeknya. Klik kolomStartup Impactuntuk melihat aplikasi mana yang paling berat bagi laptop. Kemudian pilih aplikasinya dan klik menuDisabledi pojok kanan bawah. 3. Upgrade sistem operasi

Cari tahu apakah sistem operasi yang Anda pakai sudah dalam versi terbaru atau belum. Klik tombol pencarian di toolbar atau start menu, lalu cari kata update. Masuk ke halamanCheck update. Kemudian klik Open dan pilih Download jika ada pilihan sistem yang perlu diperbarui. Masih dari halaman pencarian, masukkan kata Security. Masuk ke halamanWindows Security. Kemudian pilihVirus & threat protectiondan klikQuick scanuntuk memindai virus atau malware dengan cepat.

5. Hapus Temporary File Temporary file biasanya muncul sebagai sisa sisa penyuntingan sebuah dokumen. Terkadang, Windows tidka menghapus file ini secara otomatis. Untuk menghapusnya, masuk ke menuDisk cleanup. Anda bisa langsung memasukkan kataDisk cleanupdi kolom pencarian Windows untuk menemukannya.

Setelah itu pilih drive yang ingin Anda bersihkan. Cari semuaTemporary files yang ada lalu klikOK. 6. Hapus Fragmented Files File yang terfragmentasi bisa muncul akibat data sebuah file terpecah ke dalam banyak bagian dan masuk ke penyimpanan berbeda.

Untuk menghapusnya, masuk ke halamanDefragment and opstimze drivemelalui kolom pencarian Windows. KlikAnalyzepada drive yang ingin diperiksa, lalu klikOptimizeuntuk menghapusFragmented Filesyang terdeteksi. 7. Update hard drive dan RAM

Untuk mengatasi ini, Anda perlu modal uang yang cukup. Bagi Anda yang masih menggunakan HDD, ada baiknya untuk mulai beralih ke modle penyimpanan SSD. Tapi, jika laptop belum mendukung SSD, Anda bisa meningkatkan kapasitas HDD yang digunakan. Begitu pun dengan RAM, Anda bisa menambah kapasitas RAM mulai dari 8 16 GB sesuai kebutuhan.