Mual Saat Hamil
Kesehatan

Tips Anti Mual Saat Hamil

Semasa kehamilan ada gangguan yang sering dialami banyak ibu hamil yaitu mual saat hamil atau biasa dikenal juga dengan morning sickness. Hal tersebut umum dirasakan karena terjadinya peningkatan hormon Hcg (Human Chorionic Gonadotropin) di dalam tubuh ibu hamil. Saat hormone ini meningkat maka rasa mual pun cenderung memuncak [1].

Akan tetapi tidak sama dengan namanya, kondisi ini dapat terjadi kapan saja. Baik pagi, siang maupun malam. Bahkan ada kasus dimana beberapa ibu hamil mengalaminya sepanjang hari [2].

Biasanya, morning sickness atau mual saat hamil akan mulai muncul pada usia 6 minggu atau bulan kedua kehamilan. Akan tetapi perlu diingat lagi kondisi setiap ibu hamil itu berbeda-beda. Pada sebagian besar ibu hamil, morning sickness akan hilang setelah usia 12 minggu kehamilan atau setelah trimester pertama berakhir. Tapi, pada beberapa wanita, morning sickness bisa terjadi sampai usia 20 minggu kehamilan, bahkan ada yang mengalaminya sepanjang masa kehamilan [3].

Untuk mengatasinya, ada beberapa cara menghilangkan mual yang bisa sekaligus dijadikan obat mual untuk ibu hamil, di antaranya: [4]

  • Jika mengalami mual di pagi hari, bangunlah secara perlahan dari tempat tidur. Kalau memungkinkan makanlah sepotong roti atau biskuit sebelum berdiri.
  • Cukup istirahat di siang hari dan cukup tidur di malam hari.
  • Konsumsi makanan dalam porsi sedikit demi sedikit tapi sering. Hindari makan dalam porsi besar dalam satu waktu. Batasi makanan yang terlalu pedas ataupun terlalu manis. Demikian juga waktu minum, teguklah sedikit-sedikit dan lakukan secara perlahan.
  • Pilih makanan yang sudah dingin, hal ini akan lebih baik bagi ibu hamil dibanding makanan yang masih terlalu panas.
  • Konsumsi makanan kesukaan, selama jenis makanan ini tidak membuat mual pada ibu hamil semakin menjadi, misalnya karena memiliki aroma yang sangat tajam.
  • Minta bantuan orang lain untuk memasak, sebab pada beberapa ibu hamil rasa mual bisa semakin menjadi akibat aroma makanan tertentu.
  • Jahe atau lemon bisa menjadi obat mual untuk ibu hamil. Sebab, aroma dari kedua makanan ini bisa membantu meredakan mual. Ibu hamil bisa mengonsumsi makanan atau teh yang terbuat dari jahe untuk mengatasi mual.

Selain cara di atas ada baiknya juga para ibu hamil agar rutin mengonsumsi air putih. Ibu hamil bisa membiasakan minum air putih setengah jam sebelum makan. Namun, hindari minum air putih di tengah-tengah makan karena bisa meningkatkan risiko munculnya mual. Minum air putih secara rutin tapi tidak memaksakan diri. Ibu bisa minum air putih secukupnya pada siang hari untuk menghindari dehidrasi alias kekurangan cairan di dalam tubuh [4].

Air yang memiliki kandungan yang baik dan aman untuk tubuh tentunya yang harus dipilih oleh ibu hamil. Maka dari itu, pastikan mengonsumsi air mineral terbaik yang bersumber dari air pegunungan. Alasan utamanya yaitu kejernihannya masih dipercaya dan jauh dari polutan seperti limbah industri maupun rumah tangga.

Pilihlah AQUA yang memberikan kualitas air mineral yang baik dengan kandungan gizi dan mineral yang lengkap seperti magnesium, kalsium, kalium, natrium, dan lain sebagainya. Melalui 3 perlindungan AQUA: melindungi sumber airnya, menjaga mineralnya, dan diproses secara seksama, kealamian mineral AQUA terjaga sehingga terasa segar dan tidak menimbulkan eneg bagi ibu hamil. Hal tersebut sudah dibuktikan dalam penelitian Home Tester Club Indonesia kepada 210 Ibu hamil, bahwa 9 dari 10 Ibu setuju minum AQUA tidak membuat mual atau eneg. Dengan terhidrasi secara baik, Ibu bisa tetap produktif dan aktif selama hamil [5].

Jadi jangan ragu lagi sedia selalu AQUA!

Source:

  1. https://www.prenagen.com/id/benarkah-mual-muntah-saat-hamil-pertanda-janin-kuat#:~:text=Morning%20sickness%20sendiri%20merupakan%20kondisi,rasa%20mual%20pun%20cenderung%20memuncak.
  2. https://www.alodokter.com/mual-saat-hamil-pertanda-kehamilan-sehat
  3. https://www.halodoc.com/artikel/usia-kehamilan-yang-rentan-terjadi-mual
  4. https://www.halodoc.com/artikel/bagaimana-cara-mengobati-mual-saat-hamil
  5. https://www.sehataqua.co.id/minum-air-putih-untuk-ibu-hamil-berapa-gelas-perhari/