Lifestyle

Susah Bangun Pagi Untuk Olahraga? Ini dia Tipsnya

Apakah Anda memiliki masalah kesulitan untuk bangun pagi setiap hari. Pagi hari merupakan waktu yang tepat digunakan untuk berolahraga, terutama lari pagi. Namun kerap kali, seseorang malah kesulitan untuk bangun pagi karena berbagai alasan. Padahal di seperti diketahui manfaat lari pagi tentu saja sangat baik untuk kesehatan.

Untuk yang ingin mencoba memulai hidup sehat, maka pastikan olahraga rutin yang dimulai pada pagi hari. Jika susah bangun pagi, Anda harus menemukan cara yang tepat agar bisa melakukannya.

Cara Bangun Pagi Untuk Olahraga

Karena manfaat lari pagi atau jenis olahraga lainnya saat olahraga sangat baik untuk memulai hidup sehat, maka Anda harus melakukannya rutin mulai dari sekarang. Apa yang bisa dilakukan agar bisa bangun pagi untuk olahraga di pagi hari?

1.    Waktu Tidur Lebih Awal Dan Teratur

Pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan tidur lebih awal dan dilakukan secara teratur setiap hari. Dengan tidur lebih awal, maka Anda bisa bangun lebih lagi pula sehingga tidak ada alasan untuk tidak berolahraga. Dengan tidur pada jam yang teratur dan lebih awal, maka Anda jadi punya kebiasaan baik yang bisa membantu penerapan pola hidup sehat.

Pemilihan jenis olahraga, juga sangat tepat agar tidak malas melakukannya pada pagi hari. Misalnya Anda memilih olahraga lari yang simple dan terdapat banyak manfaat lari pagi yang bisa Anda dapatkan.

2.    Jangan Makan Berat Di Malam Hari

Untuk persiapan olahraga di pagi hari, maka pada malam sebelumnya sebaiknya Anda tidak memilih menu makanan terlalu berat. Selain itu, tidak disarankan juga untuk makan-makanan berat di waktu yang terlalu larut. Makan makanan terlalu berat pada malam hari, bisa meningkatkan potensi gangguan pencernaan yang akan mengganggu tidur anda.

Selain itu makan berlebihan di malam hari juga akan membuat pagi hari Anda menjadi lebih lesu dan jadi malas berolahraga. Padahal manfaat lari pagi sangat banyak, tetapi rencana tersebut tidak Anda lakukan karena niat olahraga sudah menurun.

3.    Gunakan Alarm Lebih Dari Satu

Anda juga bisa coba trik yang cukup ampuh bagi banyak orang yaitu dengan menggunakan alarm lebih dari satu. Anda bisa memanfaatkan jam alarm yang ada di meja belajar ataupun jam alarm pada smartphone. Keduanya bisa Anda pakai untuk memasang alarm agar bisa membangunkan Anda pada pagi hari untuk berolahraga.

Untuk menyempurnakan trik pada jam alarm ini, akan lebih baik jika meletakkan jam atau smartphone yang dijadikan sebagai alarm jauh dari jangkauan. Jika meletakkan jam atau smartphone jauh, tentu ketika berbunyi alarm berbunyi Anda ada mau tidak mau harus menjangkau alarm untuk mematikannya.

4.    Konsumsi Air Mineral

Jangan lupa saat bangun pagi Anda juga wajib minum air mineral  terlebih dahulu, satu gelas  air yang berfungsi sebagai penambah cairan tubuh. Ketika tidur, tentu cairan tubuh akan berkurang dan bisa membuat Anda lemas pada pagi hari.

Anda wajib memilih air mineral untuk membuat tubuh menjadi lebih segar sehingga bisa lebih cepat melek dan beraktivitas. Urutannya adalah setelah bangun tidur langsung minum air mineral, mandi lalu sarapan dan setelah itu Anda bisa olahraga.

5.    Langsung Mandi

Setelah Anda terbangun dari sadar berkat alarm yang bekerja maka sebaiknya lakukan kegiatan mandi jangan ditunda. Anda wajib mandi dengan air dingin untuk membuat badan terasa segar dan mata menjadi melek.

Penggunaan air hangat saat mandi pagi ketika ingin olahraga sebaiknya dihindari karena membuat pori-pori tubuh jadi terbuka yang menyebabkan masuk angin.

Konsumsi AQUA Untuk Penuhi Asupan Mineral

Karena manfaat lari pagi sangat banyak jika Anda memilih jenis olahraga ini di pagi hari, maka wajib di barangnya dengan konsumsi air mineral yang cukup. Anda wajib konsumsi air mineral dari AQUA, karena menggunakan 100% air mineral pegunungan yang punya 3 perlindungan. AQUA melindungi ekosistem yang ada di sekitar sumber air. Bisa dibilang air mineral tersebut tetap terjaga, karena sudah menggunakan sistem integrasi menyeluruh. Proses pengambilan bahan baku air mineral tidak menggunakan sentuhan tangan sedikitpun dan sudah dicek kualitasnya, untuk memastikan keaslian dari air mineral sampai ke tangan konsumen.

Untuk menjaga ke alamiah dari ekosistem di sekitar sumber air, AQUA juga melakukan berbagai upaya. Mulai dari penanaman pohon dan pelestarian flora dan fauna. Setidaknya sudah ada lebih dari 2,5 juta pohon yang ditanam dan 1500 jenis flora dan fauna yang dilestarikan [1].

AQUA juga jadi pilihan terbaik, karena terdapat banyak pilihan kemasan botol yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk mendapatkan manfaat lari pagi lebih maksimal dengan kemasan botol 450 ml, yang cukup untuk memenuhi kebutuhan mineral saat olahraga.

AQUA juga hadir untuk memenuhi kebutuhan air mineral di rumah dengan kemasan galon. Anda tidak perlu khawatir soal pemurnian air mineral galon dari AQUA, karena semua proses yang dilakukan melalui filtrasi sehingga air mineral dari merk ini tetap higienis.

Kini tentu Anda sudah tahu ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bangun pagi agar bisa olahraga pagi. Salah satu olahraga yang bisa Anda pilih adalah lari, karena tentu saja manfaat lari pagi sangat banyak untuk kesehatan tubuh dan membantu pola hidup lebih sehat.

 

Sumber :

https://www.fimela.com/lifestyle/read/4270478/5-tips-membangun-kebiasaan-bangun-lebih-pagi-untuk-olahraga https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20201109185807-284-567778/7-tips-bangun-semangat-olahraga-di-pagi-hari https://review.bukalapak.com/sports/tips-bangun-pagi-buat-olahraga-109738

https://www.sehataqua.co.id/produk-aqua/