Cancer Protection Insurance
Kesehatan

Ragam Jenis Kanker yang Bisa Dicegah dengan Berolahraga Rutin

Dikutip dari Alodokter, WHO menyebut bahwa kurangnya aktivitas fisik merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Diperkirakan, sekitar 3,2 juta orang di seluruh dunia meninggal karena penyakit yang ditimbulkan oleh kebiasaan jarang berolahraga. Hal ini didasari oleh beberapa penyebab, mulai dari kurangnya semangat atau minat untuk berolahraga, minimnya sarana berolahraga publik seperti trotoar untuk berjalan kaki atau taman terbuka, tingginya polusi udara karena padatnya lalu lintas, sampai perasaan cukup terlindungi karena sudah memiliki Cancer Protection Insurance.

 

Padahal, beberapa jenis kanker berikut bisa, lho, diminimalkan dengan berolahraga rutin. Apa sajakah macam-macam kanker yang dimaksud? Simak ulasannya di sini!

  1. Kanker Payudara

Aktivitas fisik secara rutin dapat membuat wanita, baik yang sudah menopause ataupun masih berada di rentang usia produktif, berisiko lebih rendah terkena penyakit kanker payudara. Maka dari itu, olahraga setidaknya 30 menit setiap hari atau minimal 3 kali seminggu sepatutnya dilakukan oleh para wanita.

  1. Kanker Usus Besar

Penelitian mengungapkan bahwa orang yang beraktivitas fisik selama 30-60 menit setiap hari memiliki risiko lebih kecil terkena kanker usus besar daripada orang yang jarang bergerak. Seperti yang diketahui, aktivitas fisik semacam berolahraga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, mencegah resistensi insulin, dan menjaga berat badan lebih stabil.

  1. Kanker Rahim

Kanker rahim lebih berisiko terjadi pada wanita yang memiliki gangguan hormon, berat badan berlebih, serta memiliki riwayat kanker rahim atau usus besar di keluarganya. Hal ini bisa dicegah apabila seorang wanita menjalani gaya hidup sehat, yaitu rutin berolahraga, tidak merokok, dan menjauhi minuman beralkohol. Olahraga rutin juga bermanfaat untuk menjaga stabilnya hormon dalam tubuh wanita.

  1. Kanker Paru-Paru

Orang yang aktif bergerak memiliki risiko 20% lebih kecil terkena kanker paru-paru. Selain berolahraga, tindakan preventif untuk mencegah jenis kanker ini harus diiringi pula dengan berhenti merokok dan menjauhi asap rokok.

 

  1. Kanker Prostat

Kanker prostat muncul pada pria yang jarang ejakulasi, pria usia lanjut, atau yang pernah memiliki riwayat kanker prostat di keluarganya. Sebagian kasus kanker prostat memang tidak bisa dicegah, namun beberapa riset menyebutkan bahwa berolahraga rutin juga turut menurunkan risiko pria terkena kanker prostat.

 

Bersepeda, jalan santai, menari, pilates, zumba, yoga, atau lompat tali merupakan jenis olahraga yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko kanker. Tidak hanya berolahraga, kegiatan sehari-hari seperti menyapu, mengepel lantai, atau menyetrika pakaian bisa Anda lakukan agar tubuh tetap aktif bergerak. Untuk mendapatkan manfaat olahraga yang maksimal, Anda disarankan rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari atau minimal 3-5 kali dalam seminggu.

 

Mari tetap bergerak aktif sesibuk apa pun Anda dengan pekerjaan agar tubuh selalu bugar dan terhindar dari risiko kanker. Stay fit, stay healthy!