Seleb

Nyamar Jadi Security, Baim Wong Beri Bantuan Ibu Penderita Tumor Otak yang Pernah Maki-maki Timnya

Tim vlog Baim Wong, Uchan dan Nikita terkejut saat tak sengaja bertemu dengan ibu yang dulu pernah memakinya. Karenanya, Uchan dan Nikita pun mengurai curhatan kepada sang bos, Baim Wong. Kepada suami Paula Verhoeven, tim Bapau itu bercerita bahwa ia dulu pernah dimaki oleh ibu yang baru saja ditemui Baim Wong.

Makian itu dilayangkan sang ibu lantaran permintaannya untuk bertemu Baim Wong tak digubris Nikita dan Uchan. Satu bulan berlalu, Uchan dan Nikita mendadak dibuat terkejut saat menemani bos mereka untuk membuat vlog. Terekam dalam vlog Baim Paula pada Jumat (31/7/2020), Baim Wong tampak mendekati seorang ibu yang sedang meminta sumbangan di pinggir jalan.

Terkejut melihat sosok ibu yang didekati Baim Wong, Uchan dan Nikita pun teringat dengan momen sebulan lalu. Yakni momen ketika mereka bertemu dengan ibu tersebut di bulan Juni. "Orang yang tadi itu pernah ke sini ?" tanya Baim Wong.

"Ke rumah," ucap Uchan dan Nikita. "Oh ke rumah. Kapan itu ?" tanya Baim Wong lagi. "Pas Mas Baim syuting iklan yang seharian itu. Bulan Juni," kata Uchan.

Penasaran, Baim Wong pun bertanya kenapa Uchan dan Nikita masih mengingat ibu tersebut. Diakui Uchan, sosok ibu tersebut membekas di hatinya lantaran dirinya pernah dimaki maki. "Kenapa orang itu ngebekas banget ?" tanya Baim Wong.

"Abis dimaki maki orang itu, Aku sama Nikita merasa bersalah banget. Kayak, mau nolongin tapi (ragu)," kata Uchan. Saat mendatangi rumah Baim Wong, ibu tersebut rupanya sempat meninggalkan KTP. Namun kala itu, KTP sang ibu ternyata hilang.

Alhasil selama tiga hari, ibu tersebut bolak balik ke rumah Baim Wong. Kesal permintaannya untuk bertemu tak digubris, sang ibu pun akhirnya memarahi tim Bapau, Uchan dan Nikita. Saat itu diakui Nikita, ibu tersebut sampai menangis di depannya.

"Waktu itu dia tiba tiba dekatin mobil, terus dia sempat teriak 'saya ini sakit beneran'," kata Nikita. "Awalnya mau ketemu Kak Baim, terus sama kita enggak diwaro (digubris). Terus dia langsung marah marah sama saya bilang 'ini sakit beneran' sambil nangis nangis," ucap Uchan. "Yang paling ngebekas di kita itu kan kita mau tutup pintu, enggak bisa, dianya teriak 'kalau nanti saya meninggal, kalian yang akan gotong mayat saya'. Gue sama Nikita beneran bengong dan berbekas," pungkas Nikita.

Usai dimaki hingga disumpahi, Uchan dan Nikita pun merasa bersalah. Hingga satu bulan kemudian, Uchan dan Nikita secara tak sengaja bertemu lagi dengan ibu tersebut. Namun kali ini, pertemuan itu dibarengi dengan niatan Baim Wong untuk membuat vlog.

Ya, saat hendak membuat social experiment, langkah Baim Wong terhenti saat melihat seorang ibu di hadapannya. Melihat ada seorang ibu membawa amplop besar untuk meminta sumbangan, Baim Wong pun mendekatinya. Kepada ibu itu, Baim Wong mengaku bekerja sebagai seorang security.

Ibu tersebut pun langsung bercerita bahwa ia sedang butuh uang untuk pemakaman suaminya dan mengobati penyakitnya. "Saya lagi cari bantuan untuk saya penderita tumor otak stadium empat," kata ibu. "Kenapa minta bantuannya di sini ?" tanya Baim Wong.

"Sebelumnya minta bantuan ke masjid tapi disuruhnya hari Jumat saja. Saya butuhnya (uang) sekarang. Suami saya baru meninggal 100 hari," pungkas sang ibu. Penasaran, Baim Wong lantas bertanya soal berapa jumlah uang yang dibutuhkan ibu tersebut. "Emang berapa butuhnya ?" tanya Baim Wong.

"Saya butuh banyak, lebih dari Rp 3 juta, untuk kuburan suami saya dan untuk biaya rawat jalan saya. Saya udah 17 tahun berjalan (berobat). Habis Rp 125 juta," ungkap sang ibu. Kepada Baim Wong, sang ibu mengaku kini tinggal menumpang di rumah orangtuanya di Tanah Abang. Seolah ragu, Baim Wong pun bertanya apakah ibu tersebut sedang berbohong atau tidak dengan meminta sumbangan.

"Orang tahu dari mana ibu enggak bohong ? Nanti dikira bohong lagi," ucap Baim Wong. "Demi Allah, Bapak kalau mau ke rumah saya, saya numpang sama Bapak Saya, Alhamdulillah. Saya enggak punya rumah ditinggalin suami Saya," pungkas sang ibu. Tak langsung memberi bantuan, Baim Wong pun mengetes sang ibu.

Baim Wong tampak mengetes sang ibu untuk mengaji. Namun sayang, sang ibu tidak bisa melanjutkan bacaan surat pendek Al Quran yang dibacakan Baim Wong. Tak menyerah, Baim Wong pun kembali mengetes sang ibu.

Kali ini, Baim Wong meminta sang ibu untuk memberikan uang kepada pria lusuh yang lewat. Tanpa ragu, sang ibu langsung menuruti permintaan Baim Wong tersebut. Menyudahi obrolannya, Baim Wong pun akhirnya pamit kepada sang ibu.

Namun sebelum pamit, Baim Wong memberikan segepok uang untuk sang ibu. Histeris diberi uang segepok oleh Baim Wong, sang ibu tampak heran. Saat itu, sang ibu masih belum sadar bahwa pria yang sedari tadi mengobrol dengannya itu adalah Baim Wong.

Baim Wong akhirnya memberikan segepok uang untuk ibu tersebut "Allahu Akbar. Siapa itu Pak ? Alhamdulillah Alhamdulillah. Om itu artis ya ?" teriak sang ibu. "Iya kayaknya iya," ucap satpam.

Di akhir, sang ibu pun tahu kalau yang tadi menghampirinya adalah Baim Wong. Sebab, Uchan langsung menghampiri sang ibu dan mengantarnya untuk pulang ke rumah.