cara menghitung kalori harian
Lifestyle

Mudah, Berikut Cara Menghitung Kalori Harian!

Seiring dengan bertambahnya usia, kebutuhan kalori tentu saja tidak sama seperti masih muda. Mengingat saat memasuki usia lanjut, justru tubuh membutuhkan asupan vitamin dan kalsium yang banyak. Untuk bisa lebih memerhatikan diri, ketahui cara menghitung kalori harian terlebih dahulu.

Cara Menghitung Asupan Kalori Sesuai BMR

Jumlah kalori yang telah direkomendasikan oleh AKG memang sudah cukup jelas, namun Anda masih harus mengetahui bagaimana caranya untuk menghitung kalori harian yang seharusnya dibutuhkan setiap hari. Mengingat angka yang dikeluarkan oleh Kemenkes RI akan memengaruhi aktivitas fisik setiap orang.

Itu artinya jika Anda semakin aktif, maka angka kalori paling minimal akan mengalami peningkatan. Nah, untungnya hal tersebut dapat dengan mudah untuk diketahui melalui hitungan basal metabolic rate atau disingkat BMR. Pada umumnya, BMR ini memiliki fungsi menentukan kalori untuk tubuh.

Dalam menghitung BMR, ada rumus yang perlu diperhatikan. Seperti BMR = 655,1 ditambahkan dengan (9,563 lalu dikali berat badan) + (1,85 x tinggi badan Anda) lalu dikurangi (4,676 dikali usia). Sedangkan pria, BMR = 66,47 ditambah (13, 75 x berat badan) + (5,003 x tinggi) – (6,775 x usia pria).

Kebutuhan Kalori Harian Sesuai AKG

Dengan tujuan, agar dapat memastikan kebutuhan masyarakat Kemenkes RI mengeluarkan peraturan di mana masyarakat dianjurkan untuk dapat mencukupi kebutuhan gizinya sesuai dengan AKG atau Angka Kecukupan Gizi. Untuk pria berusia 50 hingga 64 tahun biasanya sekitar 2.150 kkal.

Sedangkan untuk pria dengan usia 65 hingga 80 tahun, kebutuhan kalorinya sekitar 1.800 kkal. Lebih dari 80 tahunan sekitar 1.600 kkal. Untuk perempuan yang berusia 50 tahun sampai 64 tahunan sama seperti kebutuhan kalori pria umur 65 ke atas.

Nah, bagi perempuan dengan usia 65 sampai dengan 80 tahun, kebutuhan kalorinya berubah menjadi lebih sedikit yaitu sekitar 1.550 kkal. Sedangkan bagi mereka yang berusia 80 tahunan ke atas, mereka butuh kalori sekitar 1.400 kkal.

Seperti itulah beberapa penjelasan singkat terkait cara menghitung kalori harian. Perlu diketahui, bahwa setiap orang pastilah membutuhkan kalorinya masing-masing. Baik itu pria atau bahkan wanita, bahkan usia juga memengaruhi kebutuhan kalori. Jadi, perhatikan rumus di atas agar benar.