Penyebab Diare Pada Anak
Kesehatan

Mengulas Tentang Penyebab Diare Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Anak-anak biasanya mudah terserang penyakit karena mempunyai daya tahan tubuh yang tidak cukup kuat. Sehingga hal tersebut akan membuatnya lebih mudah mengalami berbagai penyakit seperti demam, masalah pencernaan, dan juga sakit lainnya yang tidak berbahaya. Diare merupakan salah satu penyakit pencernaan yang bisa dialami oleh anak-anak. Jenis penyakit ini merupakan masalah kesehatan yang banyak dialami oleh masyarakat termasuk juga anak-anak. Diare sendiri dapat menyebabkan BAB encer dengan frekuensi sering. Sehingga apabila tidak diatasi dengan baik dapat membuat dehidrasi dan komplikasi lainnya. Untuk mengatasi diare pada anak, orang tua perlu untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Sehingga dapat membantu untuk mencegah penyebab diare pada anak seperti berikut ini:

 

1. Kurang menjaga kebersihan

Penyebab pertama mengapa anak bisa mengalami diare adalah karena kurang menjaga kebersihan. Hal ini tidak hanya karena rumah yang kurang bersih, tetapi juga tempat lainnya yang menjadi tempat bermain anak. Diare dapat terjadi yang disebabkan oleh kuman yang menginfeksi sistem imun. Sehingga apabila mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah maka akan mudah untuk mengalami diare. Oleh karena itulah untuk menghindari diare pada anak maka perlu untuk menjaga kebersihan rumah dan lingkungan.

 

2. Alergi pada makanan

Diare pada anak juga dapat terjadi karena mengalami alergi pada makanan tertentu. Anak-anak dapat muntah apabila alergi pada bahan makanan tertentu. Selain muntah, alergi makanan tersebut juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan termasuk diare. Salah satu jenis alergi makanan yang paling sering terjadi pada anak adalah ketika mengkonsumsi produk susu, kacang-kacangan, kedelai, dan juga gandum. Sehingga pastikan anak tidak mempunyai alergi bahan tersebut apabila akan memberikan anak makanan atau minuman dari bahan yang dapat membuat diare. Bayi juga dapat mengalami alergi dari makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui. Sehingga pastikan untuk memilih makanan dan minuman dari bahan yang tepat dan tidak menyebabkan anak alergi.

 

3. Keracunan makanan

Penyebab diare pada anak yang paling umum terjadi adalah karena keracunan makanan. Banyak orang tua yang akan mencurigai makanan yang dikonsumsi anak sebagai penyebab diare. Terutama apabila anak suka jajan sembarangan yang tidak sehat dan juga tidak terjaga kebersihannya. Diare memang paling mudah dapat terjadi karena makanan dan minuman yang telah terkontaminasi dengan kuman dan juga bakteri. Sehingga makanan dan minuman tersebut akan menyebabkan muntah hingga diare pada anak. Untuk menghindari hal tersebut maka pastikan untuk menjaga kebersihan makanan dan jangan jajan sembarangan.

 

4. Mengkonsumsi obat tertentu

Penyebab selanjutnya mengapa diare dapat terjadi pada anak adalah karena mengkonsumsi obat tertentu. Seperti anak yang mengkonsumsi antibiotik merupakan jenis yang paling umum dapat menyebabkan anak mengalami diare. Hal tersebut karena obat tersebut mempunyai efek samping sebagai obat pencahar, sehingga menyebabkan diare pada anak. Untuk menghindari hal tersebut tentunya jangan sembarangan memberikan obat antibiotik untuk anak, terutama apabila tanpa resep dokter.

 

5. Kondisi kesehatan tertentu

Penyebab terakhir mengapa anak bisa mengalami diare adalah karena mempunyai kondisi kesehatan tertentu. Hal tersebut akan membuat anak lebih mudah mengalami diare sebagai efek samping dari penyakit yang diderita. Seperti misalnya bagi anak yang mempunyai kondisi IBS atau irritable bowel syndrome, penyakit Celiac, dapat lebih mudah untuk mengalami diare. Sehingga hal tersebut perlu penanganan yang tepat seperti dengan menghindari berbagai penyebab diare lainnya.