meningitis
Kesehatan

Mengetahui Gejala Meningitis dari SehatQ.com

Meningitis merupakan salah satu penyakit berbahaya di dunia dan bisa menyerang siapapun dari semua kalangan usia. Info penyakit satu ini juga sudah banyak menyebutkan tentang berbagai gejala, jenis, maupun cara pengobatannya. Diharapkan masyarakat bisa belajar dari situs tersebut.

Berbagai Gejala Meningitis pada Orang Dewasa

Perlu diketahui meningitis bisa menyerang siapa saja. Dari kalangan bayi, anak-anak sampai dewasa semua bisa saja terjangkit virus dan bakteri dari penyakit ini. Namun gejala yang terjadi pada tubuh bisa berbeda reaksinya. Untuk itu cobalah simak penjelasan di bawah ini mengenai gejala meningitis.

  1. Sakit Kepala Teramat Sangat

Salah satu info penyakit gejala yang sering terjadi dan dirasakan oleh penderitanya adalah sakit kepala tak berkesudahan. Hal ini disebabkan sudah ada peradangan yang terjadi dalam tingkat tinggi sehingga menyebabkan rasa sakit signifikan muncul. Gejalanya tentu berbeda dengan migrain.

Banyak orang salah mengartikan ini sebagai penyakit migrain, jadi lebih memilih minum obat biasa saja dan ditinggal istirahat. Namun jika saat bangun rasa sakit masih terasa sangat menyiksa, sebaiknya langsung ke dokter untuk cek lebih lanjut agar tidak salah diagnosa.

2. Demam Mendadak

Biasanya orang yang mengidap meningitis gejala awalnya juga akan mengalami demam mendadak. Hal ini dikarenakan antibodi yang mulai tidak bisa menahan serangan bakteri ataupun virus terlalu banyak. Hingga akhirnya tidak ada perlawanan lagi. Itulah mengapa sering terjadi demam mendadak.

Itulah mengapa di dunia medis demam dikatakan sebagai salah satu cara tubuh untuk melawan pendatang asing. Sebenarnya gejala ini tidak hanya timbul saat awal meningitis mulai memasuki antibodi namun jika sudah mau sembuh terkadang pasien juga mengalami demam mendadak.

3. Titik Lunak Pada Leher Menggembung

Gejala dari penyakit meningitis paling terlihat adalah adanya benjolan pada titik lunak leher, dikenal sebagai fontanel. Bagian ini merupakan celah antara tulang tengkorak belum bergabung dengan bagian besar dari fontanel lainnya yang keras dan sedikit menjorok tersebut.

Gejala ini tak hanya terjadi pada orang dewasa saja, melainkan juga anak-anak atau bayi yang bisa saja menjadi pertanda otak sudah membengkak karena penumpukan cairan. Jika sudah menemukan hal demikian sebaiknya langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis.

4. Sensitif Terhadap Cahaya

Saat otak sudah mengalami pembengkakan hal itu akan menyebabkan orang tersebut menjadi sangat sensitif terhadap cahaya. Jika dipaksakan maka akan terasa sakit di mata, biasanya jika anak-anak  suka memalingkan wajahnya untuk menghindari kontak dengan cahaya tersebut.

Anda bisa  mengetahui gejala ini jika ternyata anak suka menangis saat diajak berjemur, tidak mau membuka mata ataupun selalu memalingkan wajah dan menutupi dengan tangan. Bisa jadi itu adalah suatu pertanda jika anak tengah menahan sakit yang berasal dari otak.

5. Merasa Linglung dan Bingung

Orang yang sudah terkena virus maupun bakteri dari meningitis mudah sekali bingung dan merasa linglung. Tiba-tiba bisa menjadi pelupa dalam sekejap, hal ini dikarenakan adanya pembengkakan peradangan pada selaput otak. Tak hanya bingung saja tapi sikapnya juga bisa berubah.

Pada beberapa kasus tertentu, banyak sekali penderita meningitis menjadi kehilangan memori dan konsentrasinya karena gangguan ini.

Selain beberapa hal di atas, nyatanya masih banyak sekali info penyakit gejala dari meningitis namun kelima poin tadi rasanya sudah bisa jadi acuan agar Anda semakin aware dengan kesehatan.