Travel

MDZhB, Stasiun Radio Misterius Rusia yang Siaran Sejak Tahun 1982 tapi Tidak Diketahui Asalnya

Mendengarkan radio bisa menjadi cara mengusir bosan, khususnya saat kita berada di perjalanan. Masing masing orang biasanya punya saluran radio favorit. Traveler yang sering mendengar radio, tahukah kamu tentang saluran radio MDZhB?

MDZhB adalah nama stasiun radio misterius yang telah mengudara hampir empat dekade. Sayangnya tidak pernah ada perusahaan yang mengklaim sebagai pengoperasi radio ini. Padahal, MDZhB melakukan siaran 24 jam setiap hari sejak tahun 1982.

MDZhB (dibaca MJB) menyiarkan nada membosankan dan monoton, diikuti suara seperti peluit ditiup setiap beberapa detik. Namun, setiap dua kali seminggu ada penyiar mengucapkan frasa acak dalam bahasa Rusia, misalnya "ahli pertanian" diikuti suara dengungan. Misteri MDZhB telah menarik perhatian para penggemar radio di seluruh dunia selama berabad abad.

Hingga muncul berbagai teori mengenai tujuannya, mulai dari alat pemicu perang nuklir hingga sarana komunikasi dengan alien. Namun, sejauh ini belum ada yang mampu memecahkan misteri stasiun radio ini. Dikutip dari laman , MDZhB diketahui memancar dari dua lokasi di Rusia, satu di daerah St. Petersburg dan satu lagi di Moskow.

Radio beroperasi pada frekuensi yang relatif rendah atau "gelombang pendek" yang menempuh jarak jauh. Jadi, hampir semua orang di dunia dapat mendengarkannya hanya dengan menyetel radio pada frekuensi 4625 kHz. MDZhB tentu bukanlah saluran radio yang menarik untuk didengarkan.

Tetapi, bagi penggemar teori konspirasi, saluran radio misterius sangat menarik perhatian. Dari sekian banyak teori tentang radio MDZhB, yang paling populer adalah teori yang menyebut MDZhB sebagai sinyal "Dead Hand" yang berkaitan dengan perang nuklir. Teori populer lainnya adalah MDZhB sebagai "The Buzzer", yaitu alat komunikasi dengan jaringan mata mata ilegal Rusia di seluruh dunia.

Namun kedua teori ini tampaknya kurang masuk akal, karena tidak ada hal penting yang disiarkan radio ini selain frasa pendek yang diucapkan oleh suara pria atau wanita dan suara mendengung. Hingga saat ini, tujuan saluran radio MDZhB pun masih tidak diketahui, juga lokasi keberadaan menaranya belum ada yang bisa memberi konfirmasi.