Makanan Buat Para Ibu yang Hamil
Kesehatan

Makanan Buat Para Ibu yang Hamil dan Cukup Gizi

Terdapat beberapa makanan buat para ibu yang hamil dan cukup gizi yang efisien dikonsumsi oleh ibu hamil. Makanan yang amat berpengaruh terhadap ibu hamil adalah makanan bergizi, yang mana makanan tersebut berpengaruh sekali terhadap kesehatan ibu dan pertumbuhan janin.

Penting sekali untuk ibu hamil mengetahui pilihan makanan bergizi yang dapat dikonsumsi agar janin yang dikandung tetap sehat. Kebutuhan nutrisi ibu hamil akan tercukupi jika Anda mengkonsumsi makanan bergizi dengan baik, tepat dan benar.

Walau ibu hamil juga perlu memperhatikan apa yang dikonsumsinya. Karena dalam hal ini  terdapat pula makanan bergizi yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi selama kehamilan seperti telur, daging mentah serta produk olahan susu yang belum melewati suatu proses yaitu proses pasteurisasi.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan asupan nutrisi, jenis atau jumlah yang masuk ke dalam tubuh, ditambah lagi jika kebutuhan berbagai jenis asupan gizi akan bertambah seiring dengan usia kehamilan.

Jumlah kalori yang dikonsumsi umumnya tidak perlu ada penambatdi trimester pertama, lain halnya jika Anda telah memasuki kehamilan trimester kedua dan ketiga, tambahlah kalori sebesar 340 – 450 kalori. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa mencukupi kebutuhan ibu hamil yang bergizi dan bernutrisi, antara lain :

Apa saja makanan bergizi untuk ibu hamil?

 

  1. Brokoli dan Bayam

Brokoli adalah sayuran hijau yang merupakan nutrisi dan sangat diperlukan selama kehamilan, seperti kalsium, asam folat, lutein, zeaxanthin dan karatenoid. Brokoli ini baik sekali untuk kesehatan mata dan mengandung vitamin C yang amat berguna untuk membantu tubuh menyerap zat besi sehingga dapat menghilangkan sembelit dan mencegah bayi lahir dengan bobot atau berat badan rendah.

Selain brokoli, bayam juga merupakan sayuran hijau yang baik dikonsumsi selama kehamilan khususnya pada saat hamil muda. Karena makanan yang satu ini mengandung asam folat yang merupakan nutrisi penting dan diperlukan pada awal kehamilan karena dapat membantu mencegah risiko terjadinya persalinan prematur dan pre-eklampsia. Selain bayam, Anda juga harus mengkonsumsi buah pisang yang mengandung vitamin B6 dan baik untuk ibu hamil.

  1. Alpukat, Jeruk dan Mangga

Jika Anda telah memasuki usia kehamilan trimester kedua, maka Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi buah alpukat. Buah yang satu ini kaya akan sumber serat, vitamin C, vitamin K, kalium, asam folat, vitamin B6 dan tinggi asam lemak ynag baik dan bermanfaat untuk membantu perkembangan otak, sistem syaraf, jaringan dan kulit janin. Selain itu, alpukat juga dapat mengurangi keluhan kram kaki yang dialami ibu hamil.

Anda juga disarankan untuk mengkonsumsi buah jeruk dan buah mangga. Buah jeruk yang kaya asam folat, serat dan vitamin C baik untuk tubuh. Buah jeruk juga membantu mencegah dehidrasi selama kehamilan. Kandungan folat yang tinggi pada jeruk juga dapat membantu perkembangan otak dan syaraf tulang belakang pada janin sehingga dapat mencegah janin terlahir dalam keadaan cacat.

Kalium, vitamin C, vitamin A terkandung dalam satu buah mangga, buah mangga dapat membantu enjoy menjaga tekanan darah dan mempertahankan cairan dalam tubuh dan mengandung serat yang tinggi sehingga akan dapat mencegah konstipasi pada ibu hamil.

Nah, itu tadi pembahasan yang dapat kami jelaskan mengenai 2 makanan yang cocok untuk para ibu hamil dan cukup bergizi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat . Terima aksih .