Kesehatan

Langkah Awal saat Berada di Daerah Penyebaran Virus Corona Menurut WHO, Kenali Gejala Ringannya

Penyebaran virus corona terus meluas di Indonesia. Dalam konfrensi pers di Gedung BNPB, Achmad Yurianto menyampaikan jumlah pasien positif virus corona di Indonesia mencapai 369 orang pada Jumat (20/3/2020). Ia juga mengatakan update terbaru jumlah pasien yang meninggal sebanyak 32 orang.

Selain itu terdapat 17 pasien yang telah dinyatakan sembuh dari virus corona. Untuk menghindari terus bertambahnya penyebaran virus corona, ada baiknya melakukan berbagai langkah perlindungan. Tetap di rumah jika Anda mulai merasa tidak sehat, bahkan dengan gejala ringan seperti sakit kepala dan hidung meler, sampai Anda pulih.

Menghindari kontak dengan orang lain dan kunjungan ke fasilitas medis, hal ini dapat membantu melindungi Anda dan orang lain dari kemungkinan COVID 19 dan virus lainnya. Jika mengalami demam, batuk, dan sulit bernapas, segera periksakan ke pengobatan medis terdekat, hal ini bisa disebabkan oleh infeksi pernapasan atau kondisi serius lainnya. Ceritakan riwayat perjalanan Anda sehingga mengalami gejala ringan seperti di atas. Hal ini juga akan membantu mencegah kemungkinan penyebaran COVID 19 pada orang lain.

Tetap mengetahui informasi terbaru tentang wabah COVID 19, tersedia di situs web WHO atau melalui otoritas kesehatan publik nasional dan lokal Anda. Cuci tangansecara teratur dan menyeluruh, bersihkan tangan dengan gosok berbasis alkohol atau cuci dengan sabun dan air. Bisa juga dengan mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan kuman di tangan.

Pertahankan jarak setidaknya 1 meter (3 kaki) antara Anda dan siapa saja yang batuk atau bersin. Ketika seseorang batuk atau bersin, mereka menyemprotkan tetesan cairan kecil dari hidung atau mulut mereka yang mungkin mengandung virus. Jika terlalu dekat, Anda bisa menghirup tetesan air, termasuk virus COVID 19.

Tangan menyentuh banyak permukaan dan dapat mengambil virus. Setelah terkontaminasi, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung, atau mulut. Dari sana, virus bisa masuk ke tubuh dan bisa membuat sakit. Pastikan Anda, dan orang orang di sekitar, mengikuti kebersihan pernapasan yang baik. Ini seperti menutupi mulut dan hidung dengan siku atau jaringan yang tertekuk saat batuk atau bersin. Kemudian segera buang tisu bekas. Dengan mengikuti kebersihan pernafasan yang baik akan melindungi orang orang di sekitar dari virus seperti flu, flu dan COVID 19.

Jika mengalami demam, batuk, dan kesulitan bernapas, cari perawatan medis sejak dini.