Pendidikan

Kunci Jawaban dan Soal TVRI Kelas 4-6 SD Jumat, 7 Agustus 2020 Materi FPB dan KPK

Berikut kunci jawaban dan soal tugas TVRI kelas 4 5 SD hari ini, Jumat (7/8/2020) materi FPB dan KPK. Materi FPB dan KPK tayang pada pukul 08.30 WIB hingga 09.00 WIB. Satu dari beberapa soal yakni Ibu memiliki 24 permen rasa jeruk dan 36 permen rasa coklat.

Semua permen itu akan dibagikan kepada sejumlah anak, sehingga setiap anak memperoleh jumlah permen yang sama. Berapa jumlah maksimal anak yang mungkin diberi permen itu? Secara keseluruhan, terdapat dua soal lengkap beserta jawabannya yang bisa Anda simak.

1. Ibu memiliki 24 permen rasa jeruk dan 36 permen rasa coklat. Semua permen itu akan dibagikan kepada sejumlah anak, sehingga setiap anak memperoleh jumlah permen yang sama. Berapa jumlah maksimal anak yang mungkin diberi permen itu? Jawaban Faktor 24 = 1, 2, 4, 6, 8, 12, 24

Faktor 36 = 1, 2, 3, 4, 6, 9, 12, 18, 36 FPB dari 24 dan 36 = 12 Jadi jumlah maksimal anak yang diberi permen adalah 12 anak.

2. A, B, dan C mula mula bersama sama pergi berenang. A pergi berenang setiap 6 hari sekali. B pergi berenang setiap 9 hari, dan C pergi berenang setiap 12 hari. Kapan mereka bertiga akan berenang bersama sama lagi? Jawaban Faktorisasi prima

= 2 x 3 = 3 x 3 12 = 2 x 2 x 3

KPK dari 6, 9, dan 12 adalah = 2 x 2 x 3 x 3 = 36 Jadi mereka bertiga akan berenang bersama sama lagi setelah 36 hari. 3. Pada tanggal 1 Juli 2020, Rio, Ria, dan Riki berkunjung bersama ke perpustakaan. Rio berkunjung setiap 7 hari sekali. Ria setiap 6 hari. Riki setiap 14 hari. Pada tanggal berapa mereka akan berkunjung ke perpustakaan secara bersama sama lagi?

Jawaban Faktorisasi prima = 7

= 2 x 3 14 = 2 x 7 KPK dari 7, 6, dan 14 = 2 x 3 x 7 = 42

Jadi, mereka akan berkunjung ke perpustakaan secara bersama sama lagi pada 12 Agustus 2020 atau 42 hari setelah 1 Juli 2020. Soal dan kunci jawaban ini hanya sekadar pegangan untuk orang tua atau wali dalam mengoreksi jawaban anak. Kompetensi numerasi yang ingin dicapai lewat tayangan ini adalah menerapkan pemahaman tentang faktor faktor umum dan kelipatan bersama untuk memecahkan masalah.

Hal hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan: 1. Dampingi anak ketika sedang menyimak tayangan, kemudian minta anak untuk mengomunikasikan ide, gagasan, maupun perasaan sendiri, baik lisan maupun tertulis, dari tayangan tersebut. Selanjutnya, orang tua perlu mendengarkan, membaca apa yang disampaikan anak, dan memberi umpan balik berupa tanya jawab, diskusi dan pujian.

2. Lakukan diskusi dengan anak terkait hasil tulisannya. Perhatikan tema, topik, gagasan, atau ide yang dirasa belum pas dan beri waktu kepada anak untuk mengemukaan pendapatnya dan memperbaiki tulisannya. Jika orang tua mengalami kesulitan, bisa diskusi bersama keluarga dan guru.

3. Mintalah anak untuk membacakan hasil tulisannya. Perhatikan cara duduk, jarak dari buku ke mata, posisi sikap yang baik, dan intonasi pembacaan. Selanjutnya, bersama sama orang tua dan anak menyimpulkan bacaan.

Hal hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan: 1. Berusahalah untuk mendampingi anak menyaksikan tayangan hingga selesai. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan.

2. Ajaklah anak berdiskusi kebermanfaatan tayangan yang disaksikan. Berilah motivasi untuk penyelesaian tugas yang diberikan dengan memeriksa kembali apa yang sudah dikerjakan anak. 3. Untuk tugas yang rumit atau perlu penyelesaian, arahkan anak untuk mencari referensi lainnya dari buku.

Jika memungkinkan, berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut. 4. Mintalah anak membacakan hasil karya yang ditulisnya dan berikan komentar seputar penyampaian dan komunikasi yang digunakan. Berikan penghargaan untuk karya yang sudah dibuat anak.

Simak link live streaming TVRI online berikut ini: