Pendidikan

Kisi-kisi Soal dan Jawaban UTS/PTS Tema 3 Kelas 4 SD, Buku Tematik: Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Berikut inikisi kisi hingga jawaban soal UTS/PTS Kelas 4 SD Tema 3 Buku Tematik: Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Setelah mempelajari Buku Tematik Kelas 4 Tema 3, siswa akan melaksanakanUjian Tengah Semester (UTS) atau Peniliaian Tengah Semester (PTS) I. Dalam artikel ini, tersedia referensi kisi kisi Tema 3 Kelas 4 SD/MI, terdiri dari Subtema 1 dan 2.

Terdapat kisi kisi soal mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS. Selain itu, terdapat kompetensi dasar serta indikator soalnya. Untuk belajar dan mempersiapkan UTS, jugatersedia contoh soal yang bisa dipelajari siswa.

Kompetensi dasar: Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari hari. Indikator:

Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan akibat jika seseorang melalaikan kewajiban merawat tanaman yang di tanam. (Pilihan ganda) Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan sikap terhadap tumbuhan di lingkungan rumah. (Pilihan ganda) Disajikan soal, siswa mampu menjelaskan tindakan yang di lakukan orang orang pada sebuah gambar. (Pilihan ganda)

Disajikan soal, siswa mampu menjelaskan manfaat yang di peroleh dari lingkungan yang bersih. (Isian) Kompetensi dasar: Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.

Indikator: Disajikan soal, siswa mampu menjelaskan pengertian dari kalimat tanya. (Pilihan ganda) Disajiakan soal, siswa mampu menyebutkan hal hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan wawancara. (Pilihan ganda)

Disajikan soal, siswa mampu menjelaskan cara menyusun pertanyaan yang baik. (Isian) Kompetensi dasar: Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan.

Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya Indikator: Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan bagian bagian dari tumbuhan. (Isian)

Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan istilah dari bagian tumbuhan yang berada di dalam tanah. (Pilihan ganda) Disajikan soal, siswa mampu menybuttkan fungsi dari akar pada tumbuhan. (Isian) Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan sesuatu yang dibutuhkan tumbuhan untuk fotosintesis. (Pilihan ganda)

Kompetensi dasar: Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. Indikator:

Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan tanaman yang tumbuh di dataran rendah. (Pilihan ganda) Disajikan soal, siswa mampu menjelaskan tanah yang cocok untuk menanam teh. (Pilihan ganda) Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan macam macam tumbuhan di Indonesia yang di manfaatkan sebagi makanan pokok. (Pilihan ganda)

Disajikan soal, siswa mampu menjelaskn perbedaan tanaman padi dengan teh di lihat dari letak geografisnya. (Isian) Kompetensi dasar: Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari hari.

Indikator: Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan sikap peduli terhadap hewan. (Pilihan ganda) Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan salah satu contoh kegiatan yang merusak habitat hutan. (Pilihan ganda)

Disajikan soal, siswa mampu menjelaskan cara memenuhi hak dan kewajiban. (Isian) Disajikan soal, siswa mampu menjelaskan kewajiban seseorang terhadap hewan yang di lindungi oleh negara. (Isian) Kompetensi dasar:

Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan. Indikator: Disajikan soal, siswa mampu unsur unsur yang terdapat pada pertanyaan yang baik. (Pilihan ganda)

Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan kata tanya yang di gunakan untuk menanyakan interval peristiwa terjadinya sesuatu keadaan. (Pilihan ganda) Disajikan soal, siswa mampu menuliskan 3 contoh kalimat tanya yang di tunjukan kepada teman. (Isian) Kompetensi dasar:

Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan. Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya Indikator:

Disajikan soal, siswa mampu menjelaskan cara melindungi diri dari pada bunglon. (Pilihan ganda) Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan sesuatu yang terdapat pada kaki cicak dan rayap sehingga dapat merayap. (Pilihan ganda) Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan nama bagian tubuh burung yang di tunjukkan pada sebuah gambar. (Pilihan ganda)

Disajikan soal, siswa mampu menjelaskan cara berkembang biak kupu kupu. (Isian) Kompetensi dasar: Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.

Indikator: Disajikan soal, siswa mampu menjelaskan karakteristik tempat hidup hewan yang terdapat pada sebuah gambar. (Pilihan ganda) Disajikan soal, siswa mampu menjelaskan penyebab dari terancamnya kepunahan burung cendrawasih. (Pilihan ganda)

Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan dampak perburuan liar. (Pilihan ganda) Disajikan soal, siswa mampu menjelaskan perbedaan karakteristik tempat hidup bebek dan ayam. (Isian) I. Berikan tanda silang (x) pada jawaban yang benar!

1. Apa akibatnya kalau kita melalaikan kewajiban dalam merawat tanaman yang kita tanam? A. Tanaman akan mati c. Tanaman tetap tumbuh B. Tananaman dapat berkembang d. Tanaman dapat berkembang

2. Yang bukan merupakan sikap terhadap tumbuhan di lingkungan dirumah yaitu …. A. Merawat c. Memberi pupuk B. Menyirami d. Membiarkan

3. Perhatikan gambar di bawah ini(Penebangan Pohon) ! Apa dampak sikap pada gambar diatas(Penebangan Pohon), kecuali … A. Hutan rusak c. lingkungan bersih

B. Kepunahan hewan d. Bencana banjir 4. Yang bukan merupakan sikap peduli kita terhadap hewan adalah ….. A. Merawat c. Melestarikan

B. Memberi makanan d. Memanfaatkan secara berlebihan 5. Salah satu contoh kegiatan melestarikan habitat hutan yaitu …. A. Perburuan liar c. Penebangan ilegal

B. Penanaaman kembali d. Mengeksploitasi hutan 6. Kalimat yang berisi pertanyaan kepada pihak lain untuk memperoleh jawaban dari pihak yang ditanya. A. Kalimat utama c. Kalimat pendukung

B. Kalimat tanya d. Kalimat penjelas 7. Hal yang dihindari sebelum melakukan wawancara yaitu ….. A. Datang tepat waktu c. Memotong pembicaraan

B. Berbicara sopan dan santun d. Berpakain sopan 8. Pertanyaan yang baik yaitu mengandung unsur ….. A. 5W + 1H c. Keras

B. Lembut d. Teriakan 9. Merupakan kata tanya yang berfungsi untuk menanyakan interval peristiwa terjadinya sesuatu keadaan. Jawaban atas kata tanya ini dapat berupa jam, hari, tanggal, bulan, tahun ataupun lamanya sebuah kejadian yaitu …..

A. Apa c. Bagaimana B. Dimana d. Kapan 10. Berikut tanaman yang dapat tumbuh didataran rendah, kecuali….

A. Padi c. jagung B. Teh d. Singkong 11. Tanah yang cocok untuk tanaman teh adalah …..

A. Dataran rendah c. Puncak gunung B. Dataran tinggi d. Daerah pantai 12. Indonesia memiliki beragam tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai makanan pokok, kecuali….

A. Kapas c. Singkong B. Padi d. Sagu 13. Perhatikan gambar berikut(Ikan)!

Bagaimana karakterisitik tempat hidup hewan(Ikan) diatas ? A. Hidup di air c. Berkembang biak dengan bertelur B. Bernafas dengan paru paru d. Memiliki sisik

14. Apakah penyebab dari terancamannya kepunahan burung cendrawasih? A. Kerusakan habitat c. Perburuan untuk diperdagangkan B. Penangkapan liar d. Penangkaran hewan

15. Apa dampak perburuan liar, kecuali…. A. Kepunahan c. Kerusakan ekosistem B. Kerusakan lingkungan d. Pertumbuhan penduduk

16. Perhatikan gambar dibawah ini! Gambar diatas merupakan bagian tumbuhan yang umumnya berada di dalam tanah yang disebut ……. A. Ranting c. Akar

B. Daun d. Batang 17. Yang tidak dibutuhkan tumbuhan untuk fotosintesis adalah …. A. Air c. Sinar matahari

B. Karbondioksida d. Pupuk 18. Jelaskan cara melindungi diri pada bunglon? A. Anatomi c. Menghilang

B. Mimikri d. Mengeluarkan racun 19. Cicak dapat merayap di dinding, karena pada kaki cicak terdapat ….. A. Spatula c. Mantula

B. Garantula d. Kantula 20. Perhatikan gambar di bawah ini ! Sebutkan nama bagian tubuh burung yang ditunjukan dengan nomer 4 !

A. Paruh c. Ekor B. Sayap d. Cakar II. Isilah titik titik dengan jawaban yang tepat!

1. Apa manfaat yang diperoleh dari lingkungan bersih disekitar? 2. Pemenuhan hak dan kewajiban harus dilaksanakan …… 3. Apa kewajiban kita terhadap hewan yang langka dan dilindungi negara?

4. Bagaimana menyusun pertanyaan yang baik? 5. Tuliskan 3 contoh kalimat tanya yang ditunjukan kepada teman ! 6. Bagaimana perbedaan tanaman padi dengan teh di lihat dari letak geografisnya?

7. Sebutkan bagian –bagian dari tumbuhan ! 8. Bebek dan ayam merupakan jenis hewan unggas namun mempunyai habitat hidup yang erbeda. Apa perbedaan karakterisik tempat hidup bebek dan ayam? 9. Apa fungsi akar?

10. Bagaimana cara berkembang biak kupu – kupu? 1.A 6. B 11. B 16. C 2. D 7. C 12. A 17. D

3. C 8. A 13. B 18. B 4. D 9. D 14. D 19. A 5. B 10. B 15. D 20. D

1. Terhindar dari penyakit, udara yang segar, mencegah terjadinya bencana banjir 2. Seimbang, kita harus mendahulukan kewajiban kita kemudian kita baru mnerima hak kita 3. Kewajiban terhadap hewa langka:

Melakukan penangkaran hewan langka. Mendirikan tempat tempat perlindungan hewan langka, misal: suaka margasatwa, cagar alam, kebun binatang, dan taman nasional. 4. Hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun pertanyaan yang baik : :

Menggunakan Bahasa yang baik dan benar Sesuai topik Antar pertanyaan berkesinambungan

Menggali lebih banyak informasi 5. Siapa nama orang tua kamu? Kapan hari ulangtahun mu?

Dimana rumah tempat tinggal kamu sekarang? 6. Tananman padi ditanam di dataran rendah sedangkan tanaman teh ditanam di dataran tinggi 7. Akar, Bunga, Daun, Batang, Buah, Biji

8. Bebek ditempat perairan sedangkan ayam di darat 9. Mengkokohkan tumbuhan, Menyerap air dan mineral, Menyimpan cadangan makanan 10. Kupu kupu berkembang biak dari hasil perkawinan antara kupu kupu jantan dengan kupu kupu betina.

Dari perkawinan itu, kupu kupu betina akan menghasilkan telur. Dari telur menjadi ulat, dari ulat Menjadi kepompong, dari kepompong menjadi kupu kupu muda, setelah itu kupu kupu dewasa. Kisi kisi di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Soal soal tersebut, bisa berbeda atau tidak terpaku seperti soal di atas.