jual mobil bekas
Otomotif

Kenapa Test Drive sebelum Membeli Mobil Bekas itu Penting?

Ketika Anda ingin membeli mobil bekas, salah satu saran yang selalu diberikan adalah pastikan untuk melakukan test drive pada kendaraan tersebut. Apalagi, kalau Anda membeli mobil bekas di showroom jual mobil bekas. Sebab, kendaraan tersebut sudah pasti pernah digunakan orang lain dalam waktu lama. Memangnya, kenapa, sih, test drive itu penting? Cari tahu ulasan lengkapnya di bawah ini, ya.

  • Mengetahui Kondisi Mesin Kendaraan

Dengan melakukan test drive, Anda akan tahu bagaimana kondisi mesin mobil tersebut; mulai saat menghidupkannya hingga mengendarainya di jalanan. Jika terdapat masalah, tentu Anda bisa langsung berdiskusi dengan penjual.

  • Mencocokkan Performa Kendaraan dengan Iklan

Iklan yang memasarkan mobil bekas pilihan Anda mungkin menjelaskan kondisi mobil yang sangat maksimal. Tapi, apakah benar semua yang dipromosikan tersebut sesuai dengan kenyataannya? Untuk itu, buktikan langsung melalui test drive. Cek sendiri apakah iklan itu hanya sebatas promosi atau benar-benar kondisi real kendaraan.

  • Membuktikan Pendapat Orang

Ketika orang mereferensikan mobil bekas kepada Anda, tentu perlu pembuktian apakah referensi mereka sesuai dengan kondisi mobil tersebut. Makanya, Anda perlu melakukan test drive untuk membuktikannya.

  • Mengetahui Plus Minus Mobil

Jika mesin kendaraan masih bagus, Anda juga akan mengetahui apa kelebihan dan kekurangan kendaraan tersebut. Sehingga, ketika sudah jadi milik Anda, mobil itu bisa digunakan dengan tepat supaya nilai minusnya tidak merepotkan.

  • Mengecek Kecocokannya dengan Anda

Terkadang, orang terpincut mobil bekas karena spesifikasi dan bentuknya. Setelah dikendarai, ternyata kendaraan itu tidak cocok untuk kebutuhan dan keinginan konsumen. Maka dari itu, test drive perlu dilakukan untuk memastikan kecocokan kendaraan dengan Anda. Sebab, yang terlihat bagus belum tentu yang terbaik untuk Anda.

Sudah tahu pentingnya test drive, sekarang mungkin muncul pertanyaan bagaimana cara melakukan test drive yang benar. Langkah pertama adalah melakukan riset pada sejumlah mobil yang masuk kriteria pilihan.

Kemudian, pastikan untuk membuat janji test drive dengan penjual supaya Anda bisa lebih tahu kondisi dari mobil tersebut. Selanjutnya, pastikan bahwa lokasi test drive fleksibel dan tidak melulu di sekitar showroom sehingga Anda bisa menjajal mesin dan kemampuan mobil dengan lebih maksimal.

Satu hal yang tak boleh ketinggalan adalah mengecek fitur di dalam mobil tersebut sebelum menghidupkan mesin. Mulailah dari kenyamanan kemudi, apakah sudah pas dengan postur tubuh Anda atau belum. Setelah itu, lanjutkan pada fitur-fitur yang tersedia di dalam mobil, apakah semua berfungsi dengan baik atau tidak. Terakhir, barulah mulai test drive ke jalanan yang akan biasa Anda lalui setiap hari.

Jangan menganggap test drive hanya sebagai formalitas. Namun, jadikanlah cara ini untuk memastikan bahwa mobil yang akan Anda beli adalah yang terbaik dan akan jadi kesayangan nantinya.