bunga majemuk
Informasi

Faktor yang Dapat Mempengaruhi Bunga Majemuk

Bagi Anda yang sudah terbiasa berkecimpung dalam dunia investasi tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah bunga majemuk. Bunga majemuk itu sendiri merupakan bunga yang mana disini perhitungannya tidak hanya didasarkan pada modal awal saja, melainkan juga yang dikreditkan.

Oleh karena bergulung serta pertumbuhannya yang tidak linear tersebut, maka dapat diartikan disini sebagai bunga yang berbunga. Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi bunga majemuk. Untuk informasi lengkapnya, simak di bawah ini hingga tuntas !

Apa Saja Faktor yang Dapat Mempengaruhi Bunga Majemuk ?

 

Bunga majemuk yang mana disini diterapkan di dalam sebuah perhitungan bunga bank akan lebih banyak mendatangkan keuntungan seiring dengan berjalannya waktu. Namun sebaliknya, bunga tunggal hanya akan dibayarkan pada modal awal serta bukan pada bunga yang harus dibayarkan.

Di dalam prakteknya, bunga majemuk sendiri lebih umum jika dibandingkan dengan bunga tunggal. Sementara untuk besar atau kecilnya faktor yang dapat mempengaruhi bunga majemuk antara lain sebagai berikut :

  1. Bunga

Suku bunga di sini bisa sangat berdampak secara signifikan. Seperti contohnya suku bunga yang tinggi tentu akan memiliki kontribusi lebih terhadap investasi jika dibandingkan dengan nilainya yang lebih rendah.

  1. Frekuensi

Jumlah pembayaran bunga tiap tahun akan semakin menentukan besarnya bunga majemuk. Bunga seringkali dibayarkan sesuai dengan interval yang telah ditentukan. Seperti contohnya per tahun, 6 bulan, sebulan ataupun triwulan.

Disamping itu juga tentang waktu harus disusun perhari atau bahkan disini berkelanjutan secara terus menerus. Aturannya yaitu makin banyak periode yang diperoleh, maka tentunya nilai uang akan semakin besar pula yang di dapat di kemudian hari.

  1. Rentang Waktu

Selain beberapa faktor di atas, terdapat pula faktor lain yang dapat mempengaruhi bunga majemuk, yakni Rentang Waktu. Disini rentang waktu tentunya akan sangat berpengaruh pada besaran dari bunga majemuk yang didapat.

Makin lama, maka secara otomatis makin besar pula besaran bunga yang nantinya bisa terkumpul. Sehingga dengan begitu otomatis jumlah uang pun juga akan semakin bertambah.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang faktor yang dapat mempengaruhi majemuk, semoga bermanfaat.