Nyeri haid
Kesehatan

Cara Mudah Atasi Nyeri Haid Tanpa Perlu Minum Obat

Apakah Anda pernah merasakan sakit saat menstruasi. Kondisi ini umum terjadi di kalangan perempuan dan secara medis dikenal dengan disminore. Namun beberapa orang merasa terganggu dengan keadaan seperti itu. berikut cara mudah mengatasi nyeri haid tanpa perlu ke dokter, lho!

Langkah Mudah Atasi Nyeri Haid

Perubahan yang terjadi saat haid menyebabkan kram perut. Ketika datang bulan konstraksi pada dinding rahim bekerja lebih ekstra agar bisa mengalirkan darah menstruasi. Kondisi seperti ini tentunya memicu rasa sakit, namun jangan khawatir begini cara mengatasinya.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Dengan meminum air putih menjadikan perut Anda kembung di mana efeknya bisa meredakan rasa nyeri secara alami.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Ketika sedang menstruasi disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan berserat seperti buah-buahan dan sayuran. Batasi diri Anda memakan yang kandungan lemaknya tinggi contohnya gorengan juga usahakan menghindari minuman berkafein.

  1. Air Hangat

Kompres perut di bagian bawah Anda dengan air hangat untuk mengurangi dan bahkan menghilangkan nyeri saat haid.

  1. Mengurangi Stres

Kejenuhan dalam rutinitas keseharian membuat tubuh Anda stres. Agar terhindar dari nyeri saat haid cobalah untuk menguranginya.

  1. Rajin Berolahraga

Tidak ada salahnya wanita berolahraga saat datang bulan. Dengan banyak melakukan gerakan fisik memberi banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk meredakan nyeri saat haid.

  1. Pijat Refleksi

Siapa bilang wanita saat sedang haid tidak boleh dipijat? Faktanya beberapa ahli medis memperbolehkan hal tersebut. Akan tetapi hindari area perut, sebab dindingnya lebih tipis saat menstruasi dan berisiko terjadi cedera.

Pijat refleksi ini merupakan solusi bagi Anda yang mengalami kram perut saat haid karena pemijatannya berada di titik-titik tubuh tertentu dan terbukti ampuh meredakan nyeri.

  1. Konsumsi Teh Herbal

Salah satu cara mengatasi kram pada perut saat haid adalah dengan mengkonsumsi teh herbal. Misalnya saja meminum ginger tea, kandungan antiinfalamasi pada jahe bekerja ampuh dalam memerangi nyeri.

Nah, itulah ketujuh cara mengatasi nyeri haid yang bisa Anda lakukan. Jika kram sering muncul dan tidak bisa tertahankan sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter.