macam investasi yang populer
Informasi

Berbagai Macam Investasi yang Populer Saat Ini

Mengingat investasi di zaman sekarang sangatlah menguntungkan. Kini sudah banyak sekali masyarakat yang mulai terjun ke dalam dunia investasi ini. Jika Anda juga tertarik, ketahui berbagai macam investasi yang populer terlebih dahulu. supaya sebelum bergabung, bisa memilih yang bagus.

Berbagai Macam Jenis Investasi Paling Populer

Pada dasarnya, investasi di zaman sekarang sangat banyak diterapkan oleh orang baru. Bahkan bagi pemula yang awalnya tertarik setelah melihat keuntungan orang lain atas investasi. Mereka mulai berani terjun untuk bisa bergabung juga. Berikut ada beberapa jenis investasi yang bisa Anda pilih.

  1. Investasi Properti

Salah satu jenis investasi yang saat ini banyak dilakukan orang lain, yaitu properti. Dengan nilai properti yang selalu naik tiap tahunnya, bahkan sulit untuk mengalami penurunan. Jenis investasi ini dinilai yang paling aman dilakukan. Dikarenakan dapat mengamankan harta atau keuntungan di masa depan.

Misalnya saja menaruh dana untuk bisa membeli rumah (properti), tanah atau bahkan apartemen sekali pun. Diperkirakan harga dari properti tersebut mengalami kenaikan sampai 10 hingga 15% setahun. Jika Anda membiarkannya 10 tahun, tentu saja akan ada banyak keuntungan yang didapat.

  1. Investasi Dalam Bentuk Deposito

Deposito telah menjadi salah satu jenis investasi pilihan terbaik saat ini, karena keamanannya sudah terjamin. Hal tersebut termasuk pengelolaan uang di bank dan juga lebih dijamin oleh pihak lembaga penjamin simpanan. Itulah sebabnya investasi dalam bentuk deposito itu sangatlah untung.

Akan tetapi, imbal dari hasil penanaman dananya pada deposito tidak begitu besar. Itu karena investasi deposito ini sangat bergantung dengan ketetapan suku bunga bank. Kondisi saat ini, bunga deposito hanyalah sekitar 3% hanya dalam setahun. Tidak heran jika jarang yang menggunakannya.

  1. Investasi Asuransi

Asuransi ini memanglah bukan investasi murni, akan tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa banyak sekali yang menggunakan investasi asuransi. Itu karena calon investor menaruh harapan dananya bisa berkembang di masa depan. Apalagi telah diklaim menjadi investasi dengan jaminan perlindungan.

Biasanya sebagian besar orang yang memilih investasi asuransi ini, mereka lebih memilih asuransi jiwa. Penempatan dana pada asuransi yang kemudian dijadikan investasi ini, hanyalah kepada berbagai macam produk unitlink. Seperti gabungan dari asuransi jiwa.

  1. Investasi Emas

Dengan meningkatnya harga emas tiap tahunnya, menjadikan investasi emas ini termasuk ke dalam pilihan investasi terbaik dan paling populer. Bahkan emas sudah dianggap menjanjikan sebagai bentuk investasi dalam jangka panjang atau bahkan menengah sekali pun. Apalagi emas yang cair.

Emas dengan sifat cair justru bisa diuangkan kapan pun. Alasan inilah mengapa banyak sekali yang jauh lebih memilih investasi emas daripada yang lain. Pada umumnya, generasi milenial akan melakukan investasi emas ini dalam bentuk perhiasan, logam mulia atau bahkan batangan.

  1. Investasi Reksadana

Mungkin Anda pun juga sudah tidak asing lagi dengan investasi satu ini bukan? Reksadana ini termasuk jenis investasi yang paling populer. Bahkan sudah banyak dipergunakan / dipilih oleh generasi milenial. Cara kerjanya dengan menanam dana ke instrumen saham, risikonya pun kecil.

Risiko yang tergolong cukup rendah dan hasilnya yang justru lebih tinggi, tentu saja membuat para investor / generasi milenial lebih memilih investasi reksadana satu ini. Bahkan investor pemula yang masih awam pun memulai berinvestasi dengan reksadana.

Seperti itulah beberapa penjelasan secara detail dan rinci, mengenai macam investasi yang populer. Sebelum melakukan investasi, pastikan Anda telah memilih jenis investasinya yang terjamin aman dan risiko paling kecil. Supaya bisa lebih mengontrol diri dalam berinvestasi.