Travel

5 Pulau yang Muncul di Peta tapi Hilang saat Dikunjungi, dari Sandy Island hingga Hy-Brasil

Jauh sebelum Google Map muncul, orang orang menggunakan peta untuk mengunjungi suatu wilayah. Namun bagaimana jadinya jika tempat yang ada dalam peta justru menghilang ketika dikunjungi? Kejadian semacam ini pernah terjadi di dunia.

Beberapa pulau yang ada dalam peta ini tak pernah ditemukan meski sudah banyak orang yang berusaha mencarinya. Sandy adalah pulau yang baru ditemukan pada 2012. Tepat sebelum penemuannya, Pulau Sandy hanya terlihat di beberapa peta bahkan di Google Earth.

Terletak di antara negara negara Kaledonia Baru danAustraliadi Pasifik. Beberapa pelaut sempat gagal menemukan Pulau ini. Meski demikian, pulau ini tetap tergambar di peta.

Hy Brasil adalah sejenis pulau phantom yang terletaksekira320 km dari pantai barat Irlandia. Pulau ini memiliki kisah mitos yang berbeda, beberapa orang Eropa percaya pulau itu memiliki peradaban maju, sementara orang Irlandia percaya pulau itu hanya muncul sekali dalam 7 8 tahun. Inggris mengirim 3 ekspedisi mereka tapi tidak ada yang menemukan pulau itu.

Namun entah bagaimana pada 1497, seorang diplomat Spanyol menyatakan jika satu ekspedisi mereka menemukan Hy Brasil. Saat itu pada 1674 ketika seorang kapten Skotlandia John Nisbet mengklaim tempat itu saat dia berlayar dari Prancis ke Irlandia. Dia mengungkapkan keempat orangnya mendarat di pulau itu dan bahkan tinggal di sana sepanjang hari.

Selain itu, Kapten Alexander Johnson juga meluncurkan tindak lanjut ekspedisi tersebut dan mengaku mendarat di pulau tersebut. Pulau Dougherty adalah pulauphantomyang seharusnya terletak di Samudera Pasifik dan kira kira setengah jalan antaraSelandiaBarudan Cape Horn. Pulau ini dinamai menurut nama Kapten Daniel Dougherty, yang menemukannya jauh di selatan di laut selama perjalanannya keKanadapada 1841.

Pada Agustus 1931, ketika sebuah surat kabar 'Sydney Morning Herald ofAustralia' mengklaim jika wisatawanSelandiaBaru,Australiadan Inggris berlayar ke Antartika melewati lokasi Pulau Dougherty dan tidak dapat menemukannya. Cuaca cukup jelas dan tidak ada pulau yang bisa dijangkau. Pulau ini sayangnya dipindahkan dari peta Inggris pada 1937.

Tanah Isle of Demons pernah diyakini ada di Newfoundland diKanada. Isle of Demons biasanya menunjukkan dua pulau, mulai terlihat di peta pada abad ke 16 dan akhirnya terhapus pada abad ke 17. Legenda percaya jika Isle of Demons dipenuhi binatang buas dan setan yang bisa menyerang siapa saja yang berani menginjakkan kaki di pulau itu.

Isle of Demons pertama kali muncul pada 1508 di peta Johannes Ruysch. Pulau yang terlihat adalah versi direlokasi dari pulau Santanazes yang lebih tua, dan digambarkan pada peta abad ke 15 di tengah Samudera Atlantik. Namun pulau itu telah dihapus dari peta pada abad ke 17 karena dianggap tidak ada.

Emerald adalah pulau yang tidak biasa, dilaporkan berada di antaraAustraliadan Antartika dan Pulau Macquarie bagian selatan. Pulau ini ditemukan oleh Kapten Nockells, dia menamainya sesuai nama kapalnya 'The Emerald'. Beberapa pelancong mengklaim jika mereka telah mengunjungi pulau tersebut sementara beberapa orang mengklaim mereka tidak dapat menemukannya.

Sebelumnya, diperkirakan merupakan pulau kecil yang terletak sangat dekat dengan Antartika. Namun tidak ada jejak yang sama ditemukan dan muncul di peta sampai 1867 dengan atlas yang diterbitkan oleh American Express.