pemicu asam lambung naik
Kesehatan

4 Hal yang Menjadi Penyebab Asam Lambung Naik

Lambung merupakan salah satu organ yang penting dan perlu dijaga kesehatannya seperti organ tubuh lainnya. Dimana apabila tidak terjaga dengan baik, Anda juga akan dapat mengalami penyakit yang menyerang organ yang satu ini. Salah satu kondisi atau penyakit yang dapat dialami adalah ketika asam yang ada di lambung naik.

 

Hal tersebut disebabkan oleh kondisi melemahnya otot yang ada di bagian bawah kerongkongan atau lower esophageal sphincter (LES). Pada kondisi normal, otot tersebut akan mengendur ketika sedang makan sehingga akan membuat makanan mudah masuk ke dalam lambung dan mencegah makanan kembali ke kerongkongan. Akan tetapi, apabila otot LES lemah maka akan dapat membuat kerongkongan tetap terbuka dan mengalami rasa tidak nyaman seperti heartburn atau nyeri dada.

 

Selain heartburn, gejala yang dirasakan ketika mengalami hal tersebut juga beragam. Mulai dari merasakan rasa mual, ingin muntah, sakit pencernaan, dan berbagai hal lainnya. Oleh karena itulah bagi Anda yang mengalami dan terdiagnosa dengan penyakit ini sebaiknya dapat memperhatikan berbagai hal yang dapat menyebabkannya. Sehingga akan bisa menghindari berbagai faktor penyebab yang menyebabkan asam yang ada di lambung mudah naik. Adapun untuk beberapa penyebab yang dapat dihindari agar tidak terjadi dan mengalami kondisi ini adalah:

 

  1. Obesitas

Faktor pertama yang menjadi pemicu asam lambung naik yang dialami adalah karena mengalami obesitas. Bagi yang mempunyai berat badan berlebihan memang akan lebih baik untuk dapat mengurangi berat badan. Sehingga bisa mempunyai berat badan seimbang dan bisa membuat tubuh lebih sehat. Orang yang mempunyai obesitas akan mempunyai penumpukan lemak yang ada di bagian perut. Hal tersebut akan membuat tekanan yang ada di lambung, sehingga juga membuat asam yang ada di lambung mudah naik ke bagian kerongkongan. Hal tersebut akan menyebabkan gejala yang telah disebutkan seperti panas di ulu hati.

 

2. Makanan dan minuman

Faktor penyebab selanjutnya yang menjadikan seseorang mengalami kondisi ini adalah karena makanan dan minuman. Apa yang dikonsumsi tentu saja akan berpengaruh pada kesehatan dan juga bisa membuat penyakit yang diderita bisa kumat. Termasuk juga bagi yang tidak menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi ketika mempunyai kondisi dan terdiagnosa dengan hal ini. Dimana ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa dihindari agar tidak menyebabkan asam yang mudah naik di bagian lambung. Seperti misalnya beberapa makanan yang dapat dihindari adalah makanan tinggi lemak, makanan asam, pedas, coklat, soda, kafein, dan juga minuman beralkohol.

 

3. Hernia hiatus

Penyebab selanjutnya yang menjadikan kondisi ini dapat terjadi adalah ketika mengalami hernia hiatus. Dimana kondisi hernia hiatus terjadi karena otot diafragma yang dapat memisahkan rongga perut dan dada. Sehingga apabila terjadi hal tersebut, maka akan dapat membuat bagian atas lambung masuk ke bagian rongga dada. Hal tersebut nantinya dapat membuat makanan yang sudah masuk ke lambung dapat kembali ke kerongkongan dan membuat Anda merasakan heartburn atau nyeri di bagian ulu hati.

 

4. Mengkonsumsi obat tertentu

Penyebab terakhir mengapa bisa mengalami asam lambung adalah karena mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Seperti misalnya bagi yang mengalami pil KB, antidepresan trisiklik, dan juga obat untuk penurunan tekanan darah dalam jangka panjang. Berbagai obat tersebut dapat membuat gejala yang dialami menjadi lebih parah. Oleh karena itulah pastikan terlebih dahulu untuk berkonsultasi ke dokter apabila sudah mempunyai kondisi penyakit ini.